Tampang

Ketika Gunung Api Meledak: Penyebab Terjadinya Petir saat Erupsi

25 Jun 2024 12:26 wib. 165
0 0
Ketika Gunung Api Meledak: Penyebab Terjadinya Petir saat Erupsi
Sumber foto: pinterest

Erupsi gunung api adalah peristiwa alam memukau yang dapat mengakibatkan berbagai dampak yang serius. Selain letusan magma dan gas, petir seringkali terjadi saat erupsi gunung api. Fenomena ini tentu saja menarik perhatian banyak orang dan para ilmuwan yang ingin memahami penyebab terjadinya petir saat erupsi gunung api.

Salah satu penyebab utama terjadinya petir saat erupsi gunung api adalah adanya benturan antara partikel-partikel di awan abu yang dihasilkan oleh erupsi itu sendiri. Ketika debu vulkanik, abu, dan partikel-partikel lainnya bertabrakan, mereka menghasilkan muatan listrik yang dapat menyebabkan terjadinya loncatan petir di dalam awan. Selain itu, saat erupsi gunung api, udara panas yang naik dengan cepat juga dapat menciptakan gaya gesekan yang memicu percikan listrik dan menyebabkan petir terjadi.

Selain itu, fakta bahwa debu vulkanik yang dihasilkan erupsi gunung api terdiri dari material-material yang berasal dari dalam bumi juga berperan dalam terjadinya petir. Ketika material ini terhisap ke dalam awan abu, muatan listrik dapat terbentuk akibat gesekan antara partikel-partikel tersebut. Kemudian, muatan listrik tersebut akan mencari jalur terpendek untuk mencapai keseimbangan, yang seringkali terjadi dalam bentuk petir.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.