Tampang

Gara-Gara Elon Musk Kominfo Mau Blokir X, Netizen Komentar Begini

26 Jun 2024 22:22 wib. 34
0 0
Gara-Gara Elon Musk Kominfo Mau Blokir X, Netizen Komentar Begini
Sumber foto: Unsplash

Kebijakan media sosial X yang dulu bernama Twitter, yang melonggarkan aturan konten dewasa, mengundang perhatian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia. Rencana pemblokiran X telah menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet Tanah Air. Dalam pemblokiran yang tengah dipertimbangkan oleh Kominfo terkait kebijakan konten dewasa yang diterapkan oleh X, para netizen memberikan beragam komentar terkait tindakan tersebut.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, langkah pemblokiran X akan diambil apabila platform tersebut masih tetap memberikan kebebasan pada konten-konten berbau pornografi di Indonesia. Semuel menegaskan bahwa pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu panduan yang terdapat di Pusat Bantuan X yang berkaitan dengan konten dewasa sebelum mengambil keputusan pemblokiran.

Keputusan pemblokiran ini akan difokuskan pada platform X secara keseluruhan, bukan hanya pada konten-konten spesifik. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kewenangan Kominfo untuk melakukan pemblokiran konten pada suatu platform. Semuel juga mengimbau pengguna di Indonesia untuk bermigrasi ke platform lain jika pemblokiran X benar-benar dilaksanakan.

Sebelumnya, X memiliki kebijakan tidak resmi yang sebenarnya mengizinkan pengguna untuk mengunggah konten dewasa. Namun, X belum memiliki aturan yang jelas terkait hal tersebut, yang membuat kebijakan tersebut menjadi abu-abu. Namun, dengan adanya perubahan aturan dari Elon Musk, X sekarang secara resmi mengizinkan pengguna untuk mem-posting konten NSFW (not safe for work) dengan label yang jelas. Hal ini mencakup baik video maupun gambar yang dihasilkan AI.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%