Tampang

Ketegangan di Perbatasan Lebanon-Israel Meningkat, Ancaman Perang Baru Arab

28 Jun 2024 11:54 wib. 37
0 0
Ketegangan di Perbatasan Lebanon-Israel Meningkat, Ancaman Perang Baru Arab
Sumber foto: iStock

Tingginya intensitas baku tembak yang terjadi hampir setiap hari di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel utara memicu meningkatnya ancaman perang baru di wilayah tersebut. Para analis senior sudah mengantisipasi bahwa perang besar-besaran antara Israel dan Hizbullah dapat menjadi bencana bagi kawasan tersebut, termasuk Israel dan Lebanon.

Victor Tricaud, seorang analis senior di firma konsultan Control Risks, menggambarkan skenario perang yang paling ekstrem jika kedua pihak terus saling menyerang. Ia memperkirakan akan terjadi invasi darat skala besar dan kampanye pengeboman udara terhadap Lebanon oleh Israel. Selain itu, diperkirakan akan ada pengeboman besar-besaran oleh Hizbullah dengan serangan langsung reguler terhadap infrastruktur sipil Israel. Bahkan kemungkinan keterlibatan langsung Iran juga menjadi ancaman serius yang dapat memiliki implikasi besar bagi ekonomi global.

Namun, meskipun perkiraan tersebut memicu kekhawatiran akan kehancuran yang besar, para ahli juga mengakui bahwa situasi yang dijelaskan masih merupakan skenario yang relatif jauh. Masih banyak langkah eskalasi lain yang mungkin terjadi sebelum konfrontasi mencapai tingkat intensitas seperti itu.

Para pemimpin di kedua belah pihak juga menegaskan bahwa mereka tidak menginginkan perang habis-habisan. Serangan balasan yang terjadi selama beberapa bulan terakhir, meskipun kadang mematikan, secara umum masih dipandang sebagai sesuatu yang diperhitungkan dengan cermat untuk menghindari eskalasi besar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Siapa Wanita Pertama Yang Masuk Surga
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%