Tampang

Gigi Sehat, Tubuh Sehat: Kaitan Kesehatan Mulut dengan Kesehatan Umum

23 Jul 2024 00:03 wib. 196
0 0
Gigi Sehat, Tubuh Sehat
Sumber foto: Google

 Kesehatan mulut sering kali dianggap terpisah dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Padahal, kesehatan mulut memiliki hubungan erat dengan kesehatan tubuh. Gigi yang sehat dapat mendukung kesehatan tubuh yang baik, sementara masalah pada kesehatan mulut dapat memicu atau memperburuk kondisi kesehatan umum. 

 Pentingnya Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut mencakup kondisi gigi, gusi, dan seluruh rongga mulut. Kebersihan mulut yang baik dapat mencegah berbagai penyakit seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan infeksi mulut. Air liur dalam mulut juga berperan penting dalam membantu pencernaan, melawan bakteri, dan menjaga kelembapan mulut.

 Kaitan Kesehatan Mulut dengan Kesehatan Umum

Berikut beberapa contoh bagaimana kesehatan mulut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan:

 1. Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa penyakit gusi kronis (periodontitis) dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bakteri dari mulut dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan pada pembuluh darah, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

 2. Diabetes

Diabetes dan kesehatan mulut memiliki hubungan dua arah. Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap infeksi gusi karena kadar gula darah yang tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, penyakit gusi yang parah dapat membuat kontrol gula darah lebih sulit, memperburuk kondisi diabetes.

 3. Masalah Pernapasan

Bakteri dari infeksi mulut atau gusi dapat masuk ke paruparu dan menyebabkan infeksi pernapasan seperti pneumonia. Ini terutama berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti lansia atau penderita penyakit kronis.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kekuatan Doa Bagi Anak Sholeh
0 Suka, 0 Komentar, 24 Mar 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?