Tampang

Air Jahe: Manfaat dan Batasan Konsumsi untuk Kesehatan

20 Mei 2024 20:09 wib. 67
0 0
Air Jahe: Manfaat dan Batasan Konsumsi untuk Kesehatan
Sumber foto: google

Air jahe telah lama dikenal sebagai minuman yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidan dalam jahe telah terbukti dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, mual, kelebihan berat badan, dan tekanan darah tinggi. Namun, meskipun air jahe memiliki banyak manfaat, ada beberapa kondisi kesehatan di mana minuman ini sebaiknya dihindari untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

1. Pasien Penyakit Jantung
Bagi orang yang mengidap penyakit jantung, khususnya penyumbatan pembuluh darah, konsumsi jahe dalam dosis tinggi dapat memperparah kondisi tersebut. Meskipun jahe secara umum membantu dalam pembukaan pembuluh darah, asupan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Sebelum mengonsumsi air jahe, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

2. Pengidap Diabetes
Kandungan jahe yang dapat menurunkan kadar gula darah ternyata juga dapat membawa risiko bagi penderita diabetes. Konsumsi jahe secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan drastis kadar gula darah, yang dapat memicu gejala seperti pusing dan kelelahan. Lebih dari itu, minum air jahe bersamaan dengan obat diabetes juga dapat menyebabkan hipoglikemia yang dapat membahayakan kesehatan. Disarankan bagi penderita diabetes untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba air jahe sebagai alternatif pengobatan.

3. Pengidap Hemofilia
Ternyata, jahe memiliki efek mirip dengan antikoagulan, yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah. Hal ini berpotensi berbahaya bagi penderita hemofilia, kondisi di mana darah tidak dapat membeku dengan normal. Konsumsi air jahe pada penderita hemofilia dapat memperparah kondisi tersebut, karena jahe akan membuat darah semakin sulit membeku. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan rekomendasi yang tepat terkait konsumsi jahe bagi penderita hemofilia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%