Tampang

Bagaimana Penyakit Pes Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

16 Mar 2024 05:17 wib. 204
0 0
Bagaimana Penyakit Pes Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh Manusia
Sumber foto: Google

Dua tahun yang lalu, sekelompok peneliti internasional berusaha untuk mengkaji bagaimana Kematian Hitam mungkin berdampak pada kekebalan tubuh manusia dengan mengumpulkan sampel genetik dari kerangka sekitar 500 orang di pemakaman di London dan Denmark yang meninggal sebelum, selama, dan setelah abad ke-14. pandemi.

Secara khusus, mereka mencatat pola yang berkaitan dengan gen yang disebut ERAP2 yang mengkode protein yang diketahui membantu sel kekebalan manusia melawan Yersinia pestis dan patogen lainnya. Namun salah satu varian ERAP2 menghasilkan bentuk protein yang lebih terbatas, sementara varian lainnya menghasilkan protein berukuran penuh.

Studi tersebut menunjukkan bahwa warga London abad pertengahan dan Denmark yang mengidap varian ERAP2 dua kali lebih mungkin selamat dari Kematian Hitam. Pada akhir abad ke-14, para peneliti menemukan bahwa 50% warga London dan 70% warga Denmark yang disurvei mengidap varian ini. Namun, kami masih perlu belajar lebih banyak. Skoglund mengatakan para peneliti perlu mempelajari ribuan genom lagi dari individu yang tinggal di seluruh Eropa pada masa Kematian Hitam dan abad-abad berikutnya, untuk melihat apakah adaptasi seperti varian ERAP2 benar-benar tersebar luas dan terintegrasi ke dalam DNA kita.

“Gen apa pun yang memiliki efek perlindungan terhadap wabah ini akan mengalami peningkatan frekuensi setelah kejadian tersebut,” katanya. “Tetapi ini mungkin hanya terjadi selama beberapa generasi.” 

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sutiyoso: Anies-Sandi Rendah Hati!
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jun 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?