Tampang

Bagaimana Penyakit Pes Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

16 Mar 2024 05:17 wib. 205
0 0
Bagaimana Penyakit Pes Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh Manusia
Sumber foto: Google

“Peran gen HLA adalah mengidentifikasi invasi asing di dalam tubuh dan mengarahkan sistem kekebalan untuk mencari sel yang terinfeksi protein patogen dan menghancurkannya,” kata Norman. “Varian yang relatif langka dari gen-gen ini dapat membantu beberapa orang bertahan dari pandemi, dan jika angka kematian akibat Covid-19 jauh lebih tinggi, populasi manusia akan memiliki frekuensi varian-varian ini yang jauh lebih tinggi.”

Siapa pun yang memiliki sedikit keuntungan dalam situasi tersebut melalui genetika mereka akan lebih mungkin untuk bertahan hidup – Paul Norman

Pada tahun 2021, Norman dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa varian HLA kemungkinan besar berperan dalam menentukan siapa yang selamat dari wabah wabah abad pertengahan . Para peneliti menyelidiki kuburan massal korban wabah dari abad ke-16 di kota Ellwangen, Jerman, dan mengurutkan genom dari 36 kerangka. Ketika mereka membandingkannya dengan DNA orang-orang yang tinggal di Ellwangen saat ini, mereka menemukan bahwa penduduk kota abad ke-21 memiliki perbedaan halus dalam berbagai gen HLA, yang kemungkinan membuat nenek moyang mereka lebih mampu melawan Yersinia pestis.

Karena wabah pes sangat dahsyat, para peneliti telah lama bertanya-tanya apakah wabah ini meninggalkan jejak permanen pada sistem kekebalan tubuh manusia. Secara khusus, sebuah teori menyatakan bahwa Kematian Hitam mungkin sudah cukup luas pada abad ke-14 sehingga menciptakan suatu bentuk seleksi alam. Idenya adalah bahwa beberapa individu yang selamat dapat mewariskan keunikan genetik apa pun yang membantu mereka meneruskannya ke generasi mendatang.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?