Tampang

Suku Bunga Acuan BI-Rate Naik ke 6,25 Persen di April 2024

24 Apr 2024 23:07 wib. 62
0 0
Suku Bunga Acuan BI-Rate Naik ke 6,25 Persen di April 2024
Sumber foto: google

Keputusan ini berbeda dengan kebijakan bank sentral di berbagai negara lainnya. Di Amerika Serikat, Bank Sentral The Federal Reserve disebutkan akan menurunkan suku bunga pada kuartal ketiga tahun ini, meskipun inflasi masih bergejolak. Sementara di Eropa, Bank Sentral Eropa bahkan akan segera menurunkan tingkat suku bunga acuannya setelah tingkat inflasi di kawasan Eropa terkendali.

Bahkan, negara berkembang seperti Brazil dan Argentina, yang rentan terhadap gejolak pasar, tetap berani menurunkan tingkat suku bunga acuan setidaknya sebesar 50 basis poin pada bulan April. Dengan keputusan yang terbilang bertolak belakang dengan kebijakan bank sentral di negara-negara tersebut, Indonesia harus siap menghadapi dampak dari perubahan suku bunga ini terhadap perekonomian dalam negeri.

Meskipun keputusan kenaikan suku bunga acuan BI-Rate telah dibuat, diharapkan keputusan ini dapat membawa efek positif dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan inflasi sesuai target yang telah ditetapkan. Sementara itu, peran pemerintah dan pelaku usaha dalam menjaga stabilitas ekonomi dalam negeri juga diharapkan dapat semakin kuat untuk menghadapi dinamika ekonomi global yang terus berubah. Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk mengantisipasi dan mengatasi dampak dari kenaikan suku bunga acuan BI-Rate ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?