Tampang

Gunung Bromo Kembali Terbakar, Api Terekam Membara!

23 Jun 2024 09:01 wib. 35
0 0
Gunung Bromo Kembali Terbakar, Api Terekam Membara!
Sumber foto: google

Lahan di kawasan Gunung Bromo kembali terbakar. Kali ini titik api muncul di kawasan perbukitan di kawasan Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Video penampakan api yang menjalar di kawasan Gunung Bromo itu tersebar di media sosial. Video itu diduga direkam oleh wisatawan yang masuk melalui jalur Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Pada video berdurasi 18 detik terlihat api menyala ketika malam hari.

Di video tersebut dijelaskan lokasi kebakaran berada di savana sebelah kawasan Widodaren. Dimana pengambilan video itu terjadi pada Kamis dini hari (20/6/2024). Api tampak menyebar di beberapa titik yang ada di sekitar lokasi perbukitan di kawasan Gunung Bromo. Tapi belum diketahui apakah itu masih masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) atau kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani.

Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS, Hendra membenarkan informasi adanya lahan di kawasan Gunung Bromo yang terbakar. Tetapi pihaknya masih mengecek di lapangan untuk memastikan wilayah ini masuk di area TNBTS atau hutan Perhutani."Kita saat ini masih menggali informasi atau konfirmasi dari teman-teman lapangan," kata Hendra, dikonfirmasi pada Kamis (20/6/2024).

Sementara itu, Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA) Ngadas Sampotono membenarkan adanya informasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Bromo. Titik lokasi terbakarnya itu berada di kawasan Bukit Naga, yang masuk Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan."Ini kami sedang proses pemadaman, lokasinya di punggung naga, Bukit Naga, ikut Resort Wonokitri, masuk Pasuruan," kata Sampotono, dikonfirmasi terpisah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%