Tampang

5 Perbedaan Saham dan Obligasi, Apa Saja?

31 Jul 2024 09:46 wib. 106
0 0
Ilustrasi saham. Ilustrasi obligasi. Ilustrasi pasar modal. Perbedaan saham dan obligasi.
Sumber foto: Goggle

2. Cara Jual dan Cara Beli

Saham tidak memiliki jangka waktu tertentu dan bisa diperjualbelikan setiap saat di bursa. Proses transaksi saham ini disebut sebagai pembelian melalui pasar sekunder. Sebaliknya, obligasi memiliki waktu jatuh tempo sesuai keputusan penerbit. Saat jatuh tempo, pemilik surat berharga bisa mencairkan atau menerima dana pokok. Obligasi memiliki waktu jatuh tempo jangka pendek selama 365 hari atau jangka panjang dengan waktu jatuh tempo lebih dari lima tahun.

3. Kupon

Kupon obligasi atau imbal hasil adalah nilai bunga yang diterima pemegang obligasi secara berkala. Pembayaran kupon dilakukan setiap periode tertentu, rata-rata setiap tiga atau enam bulan. Sebaliknya, pemilik saham hanya bisa melakukan jual beli di pasar perdana. Pembelian bisa dilakukan saat masa penawaran dan menjualnya saat jatuh tempo.

4. Keuntungan

Saham dan obligasi menawarkan keuntungan berupa capital gain, yakni selisih nilai jual dengan nilai beli saham atau obligasi. Selain itu, saham dapat memberikan keuntungan berupa dividen yaitu bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Sebagai investor di pasar modal, baik investor yang membeli saham atau obligasi akan memiliki hak sebagai berikut:

Sebagai investor di pasar modal, baik investor yang membeli saham atau obligasi akan memiliki hak untuk memperoleh informasi terkait fitur dan layanan produk sesuai tujuan dan profil risiko, memperoleh hasil investasi, serta membeli dan menjual kembali produk investasi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rendang
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jul 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?