Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Terungkap Sudah, Asal-Usul dari Terciptanya Emas di Bumi, Ternyata Dari ...

Terungkap Sudah, Asal-Usul dari Terciptanya Emas di Bumi, Ternyata Dari ...

22 Agustus 2017 | Dibaca : 791x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Untuk pertama kalinya, peneliti dari Universitas Harvard, Amerika Serikat menemukan bukti nyata mengenai asal-usul dari emas. Ternyata emas diproduksi akibat tabrakan dua bintang yang sangat langka.

Dilansir dari laman CS Monitor, Senin (21/8), Para ilmuwan telah mengamati peristiwa astronomi yang tidak biasa ketika emas dikirimkan dari luar angkasa. Dan peristiwa itu yang bertanggung jawab atas kehadiran logam mulia di Bumi.

Beberapa penelitian terdahulu mengemukakan bahwa bintang tercipta dari beberapa unsur yang ringan. Ketika bintang meledak, bintang akan mengeluarkan unsur kalsium, zat besi, serta karbon, dan mengirimkannya ke alam semesta.

Namun, kehancuran sebuah bintang belum menemukan apakah juga mengeluarkan unsur-unsur berat seperti emas dan besi yang kemudian sampai ke Bumi.

Tapi, kini sebuah studi dari tim astronom dari Universitas Harvard telah memberikan data alternatif mengenai pembentukan logam mulia. Emas diproduksi oleh penggabungan dua bintang yang tidak biasa, atau disebut bintang neutron.

"Dalam arti luas emas mungkin berasal dari Supernova, atau kematian dari bintang yang meledak. Tapi, itu masih diperdebatkan di beberapa komunitas ilmiah," kata Wen-fai Fong, mahasiswa pascasarjana di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

"Tapi, penemuan baru ini sangat berpotensi memberikan data alternatif atau pun dominan, mengenai mekanisme produksi emas," tambah Fong.

Penelitian ini berawal dari sebuah penelitian yang buat pada bulan lalu yang mengindentifikasi sebuah ledakan sinar gamma pendek.

Peristiwa yang dikenal sebagai GRB 130603B terjadi pada jarak 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan menurut catatan, jarak ledakan itu merupakan yang terdekat dengan Bumi.

Ledakan itu menyemburkan partikel-partikel dengan kecepatan tinggi ke benda-benda langit yang berada di sekitarnya, termasuk ke Bumi.

"Emas diproduksi dengan cara tersebut, dan Bumi akhirnya memiliki kandungan emas," kata Edo Berger, pemimpin penelitian yang merupakan profesor astronomi di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

"Peristiwa-peristiwa serupa yang terjadi sebelum terbentuknya Tata Surya juga kaya akan kandungan emas. Tata Surya dibentuk oleh beberapa partikel, dan akhirnya emas berhasil masuk ke Bumi," tutup Berger.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic Menangis Usai Menang Atas Rusia, Ini Alasannya
8 Juli 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Piala Dunia merupakan ajang pertandindan sepak bola dunia yang paling dinanti-nantikan. Tak terasa menuju final pun sudah dekat. Dimana dini hari tadi babak 8 ...
Polisi Tetapkan Tiga Orang Tersangka Kasus Gudang Mercon
28 Oktober 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Kebakaran Gudang mercon milik PT. Panca Buana Cahaya Sukses di Kawasan Komplek Pergudangan 99, Jalan Raya Salembarang, Cengklong, Kosambi, ...
BTS Terancam Bubar dan Menjadi Trending Topik Kpop dengan Semua Berita Negatip
11 Oktober 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Ya, siapa yang tak kenal boyband Korea atau Kpop yang saat ini lagi meroket dan tengah digandrungi anak muda di dunia, siapa lagi kalau bukan ...
Mahasiswa Teknik Undip Ciptakan Plastik Ramah Lingkungan
11 Juli 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Mahasiswa Universitas Diponegoro Fakultas Teknik telah menciptakan plastik hasil kombinasi bonggol jagung dan sukun yang bersifat ...
Diabetesi Wajib Tahu Profil Glukosa Harian
30 Juni 2018, by Maman Soleman
Gula darah yang tinggi tidak memberikan gejala khas. Memang bukan gula darah tinggi yang berbahaya pada penderita diabetes melainkan komplikasi yang disebabkan ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
JasaReview