Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Terungkap Sudah, Asal-Usul dari Terciptanya Emas di Bumi, Ternyata Dari ...

Terungkap Sudah, Asal-Usul dari Terciptanya Emas di Bumi, Ternyata Dari ...

22 Agustus 2017 | Dibaca : 677x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Untuk pertama kalinya, peneliti dari Universitas Harvard, Amerika Serikat menemukan bukti nyata mengenai asal-usul dari emas. Ternyata emas diproduksi akibat tabrakan dua bintang yang sangat langka.

Dilansir dari laman CS Monitor, Senin (21/8), Para ilmuwan telah mengamati peristiwa astronomi yang tidak biasa ketika emas dikirimkan dari luar angkasa. Dan peristiwa itu yang bertanggung jawab atas kehadiran logam mulia di Bumi.

Beberapa penelitian terdahulu mengemukakan bahwa bintang tercipta dari beberapa unsur yang ringan. Ketika bintang meledak, bintang akan mengeluarkan unsur kalsium, zat besi, serta karbon, dan mengirimkannya ke alam semesta.

Namun, kehancuran sebuah bintang belum menemukan apakah juga mengeluarkan unsur-unsur berat seperti emas dan besi yang kemudian sampai ke Bumi.

Tapi, kini sebuah studi dari tim astronom dari Universitas Harvard telah memberikan data alternatif mengenai pembentukan logam mulia. Emas diproduksi oleh penggabungan dua bintang yang tidak biasa, atau disebut bintang neutron.

"Dalam arti luas emas mungkin berasal dari Supernova, atau kematian dari bintang yang meledak. Tapi, itu masih diperdebatkan di beberapa komunitas ilmiah," kata Wen-fai Fong, mahasiswa pascasarjana di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

"Tapi, penemuan baru ini sangat berpotensi memberikan data alternatif atau pun dominan, mengenai mekanisme produksi emas," tambah Fong.

Penelitian ini berawal dari sebuah penelitian yang buat pada bulan lalu yang mengindentifikasi sebuah ledakan sinar gamma pendek.

Peristiwa yang dikenal sebagai GRB 130603B terjadi pada jarak 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan menurut catatan, jarak ledakan itu merupakan yang terdekat dengan Bumi.

Ledakan itu menyemburkan partikel-partikel dengan kecepatan tinggi ke benda-benda langit yang berada di sekitarnya, termasuk ke Bumi.

"Emas diproduksi dengan cara tersebut, dan Bumi akhirnya memiliki kandungan emas," kata Edo Berger, pemimpin penelitian yang merupakan profesor astronomi di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

"Peristiwa-peristiwa serupa yang terjadi sebelum terbentuknya Tata Surya juga kaya akan kandungan emas. Tata Surya dibentuk oleh beberapa partikel, dan akhirnya emas berhasil masuk ke Bumi," tutup Berger.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Ini Alasan Mengapa Menikah Tak Lagi Prioritas Utama
9 Februari 2018, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Ketika kita menjalin hubungan cinta, tentunya menikah menjadi tujuan utama dari hubungan tersebut. Namun, dalam survei yang dilakukan, saat ini ...
 Sopir Angkot Cabuli Penumpang di Tol Pasteur
16 September 2017, by Rindang Riyanti
Sopir angkot jurusan Cijerah - Sederhana, RH (23) diamankan polisi karena memperkosa anak di bawah umur. Penangkapan tersebut bermula ketika anggota PJR ...
Banjir Rendam Ribuan Rumah di Tiga Kecamatan Kabupaten Bandung
16 November 2017, by Admin
 Tampang.com – Dampak banjir di Kabupaten Bandung terus meluas. Saat ini, tercatat 5.806 unit rumah terendam di tiga kecamatan di Kabupaten ...
Sekolah Pantai Indonesia Ciptakan Pelajar Cinta Laut
24 November 2017, by Admin
Tampang.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuat kegiatan Sekolah Pantai Indonesia 2017. Lewat program tersebut KKP ingin menciptakan pelajar ...
Tora Sudiro Diamankan Polisi Jakarta Selatan, Terkait Dugaan Kasus Narkoba Lagi
3 Agustus 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Pasangan selebriti Tora Sudiro beserta istrinya, Mieke Amalia ditangkap polisi atas dugaan kasus narkoba. Mereka diamankan di Polres Jakarta ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab