Tampang

Menkes Soroti Kematian Zhang Zhi Jie dan Kekurangan Infrastruktur Kesehatan di Indonesia

4 Jul 2024 14:43 wib. 29
0 0
Menkes Soroti Kematian Zhang Zhi Jie dan Kekurangan Infrastruktur Kesehatan di Indonesia
Sumber foto: google

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyoroti insiden kematian atlet badminton junior asal China Zhang Zhi Jie saat melakoni turnamen di Indonesia beberapa waktu lalu. Budi Gunadi menegaskan pentingnya penanganan cepat dalam kasus serangan jantung, yang dapat menjadi penyebab kematian mendadak yang sering terjadi saat beraktivitas olahraga. Menurutnya, penanganan yang cepat, kurang dari 4,5 jam setelah terjadi serangan jantung, sangat penting untuk meningkatkan tingkat keselamatan pasien.

Dalam penjelasannya pada rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Budi Gunadi mengungkapkan kekurangan infrastruktur kesehatan di Indonesia. Menurutnya, pelbagai daerah di Indonesia masih belum dilengkapi dengan alat-alat medis yang diperlukan untuk penanganan serangan jantung.

Menanggapi kejadian ini, Budi Gunadi menyampaikan bahwa pada awal menjabat, hanya terdapat 44 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki alat katerisasi jantung. Bahkan, ada enam provinsi di Indonesia yang sama sekali tidak memiliki alat ini, yaitu Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Kekurangan infrastruktur kesehatan ini dapat menjadi penghambat dalam penanganan cepat terhadap kasus-kasus darurat medis seperti serangan jantung.

Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa situasi ini bahkan dapat mengakibatkan pasien tidak dapat ditolong dengan cepat, terutama di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan infrastruktur kesehatan. Ia mencontohkan bahwa jika terdapat kasus serangan jantung di Ambon, pilihan yang tersedia hanyalah berdoa semoga pasien dapat bertahan hidup hingga dapat diintervensi di daerah yang dilengkapi dengan fasilitas medis yang memadai.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%