Tampang

Menkes Soroti Kematian Zhang Zhi Jie dan Kekurangan Infrastruktur Kesehatan di Indonesia

4 Jul 2024 14:43 wib. 158
0 0
Menkes Soroti Kematian Zhang Zhi Jie dan Kekurangan Infrastruktur Kesehatan di Indonesia
Sumber foto: google

Namun, Budi Gunadi juga menyatakan bahwa pemerintah sedang melakukan transformasi kesehatan dengan peningkatan jumlah alat katerisasi jantung di Indonesia. Saat ini, 234 kabupaten/kota sudah dilengkapi dengan alat ini. Meski begitu, tantangan lainnya adalah kekurangan dokter spesialis yang diperlukan untuk melakukan penanganan serangan jantung.

Budi Gunadi mengungkapkan bahwa terdapat kekurangan sekitar 130 dokter yang diperlukan untuk menangani kasus-kasus serangan jantung. Hal ini menunjukkan bahwa masalah infrastruktur kesehatan tidak hanya terkait dengan keberadaan alat medis, tetapi juga tenaga medis yang memadai.

Selain itu, Budi Gunadi juga menyoroti persoalan tenaga kesehatan yang tidak pernah terpenuhi secara serius oleh pemerintah. Ia mengungkapkan bahwa jumlah dokter umum dan spesialis di puskesmas dan RSUD tidak pernah sesuai dengan standar. Masalah ini tidak hanya terjadi di satu wilayah, melainkan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Budi Gunadi, 38 persen RSUD di Indonesia tidak memiliki dokter spesialis yang cukup. Bahkan, angka ini lebih besar jika dilihat di daerah-daerah DTPK. Hal ini menjadi salah satu indikasi dari kekurangan tenaga medis yang sudah terjadi selama puluhan tahun tanpa penyelesaian yang tegas dari pemerintah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.