Tampang

Menelusuri Khasiat Pegagan: Tanaman Ajaib dari Indonesia

13 Jun 2024 04:41 wib. 38
0 0
daun pegagan
Sumber foto: Pinterest

Pegagan, atau dikenal dengan nama ilmiah Centella Asiatica, adalah tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah tropis dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Pegagan memiliki sejarah panjang penggunaan dalam pengobatan dan diyakini memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Khasiat Pegagan

Pegagan telah lama digunakan dalam praktik pengobatan tradisional di Indonesia. Tanaman ini telah dikenal karena memiliki berbagai khasiat, terutama dalam meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif. Secara tradisional, pegagan digunakan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta untuk meredakan stres dan kegelisahan. Kandungan senyawa aktif seperti triterpenoid dan asiaticoside dalam pegagan diyakini memiliki efek positif pada otak dan sistem kognitif manusia.

Selain itu, pegagan juga memiliki khasiat anti-inflamasi dan antioksidan. Kandungan aktifnya membantu dalam meredakan peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini menjadikan pegagan memiliki potensi untuk membantu dalam mengurangi risiko penyakit inflamasi dan degeneratif.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%