Tampang

Kecelakaan Maut di Tol Japek KM 58: Sopir Kerja Overtime Penyebabnya

12 Apr 2024 11:01 wib. 48
0 0
Kecelakaan Maut di Tol Japek KM 58: Sopir Kerja Overtime Penyebabnya
Sumber foto: detik.news.com

Sebuah kecelakaan tragis telah terjadi di jalan tol Japek KM 58 pada hari Senin (8/4) yang lalu, menelan korban jiwa. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah berhasil mengidentifikasi penyebab kecelakaan tersebut, yakni karena kondisi pengemudi travel yang tidak resmi dan bekerja melebihi waktu yang diperbolehkan.

Menurut Soerjanto, Ketua KNKT, kurangnya istirahat dapat mengurangi kemampuan pengemudi untuk berkonsentrasi, bahkan dapat menyebabkan pengemudi mengalami micro sleep yang membahayakan keselamatan selama berkendara. Perjalanan travel tidak resmi ini telah dimulai sejak Jumat (5/4) malam dari Ciamis menuju Jakarta, dan melakukan beberapa perjalanan antara Ciamis dan Jakarta serta sekitarnya tanpa istirahat yang memadai.

Selain itu, KNKT juga menemukan bahwa kendaraan tersebut mengangkut 12 penumpang, padahal kapasitas seharusnya hanya untuk 9 penumpang. Kendaraan tersebut juga membawa barang bawaan yang membuat kendaraan menjadi tidak stabil, menjadi faktor penambah risiko kecelakaan.

Dari hasil analisis KNKT, kecelakaan yang melibatkan satu bus dan dua minibus ini menewaskan hingga 12 korban jiwa. Hal ini menyoroti pentingnya menjaga keselamatan dalam perjalanan, baik sebagai pengemudi maupun penumpang. Peraturan tentang istirahat dan batas waktu kerja pengemudi perlu diperhatikan dengan serius untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Jamu Kunyit Asam
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jun 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?