Tampang

Simak! 4 Tips Jalani Diet yang Sehat tanpa Menyiksa

18 Sep 2024 05:10 wib. 37
0 0
Simak! 4 Tips Jalani Diet yang Sehat tanpa Menyiksa
Sumber foto: iStock

Menjalani program diet tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Salah menjalani diet dapat menjadi bumerang dan berat badan dapat semakin bertambah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar diet berjalan lancar, aman, dan tidak menyiksa. Tidak hanya tentang mengurangi porsi atau jenis makanannya saja, tetapi diet sehat harus dilakukan dengan strategi yang tepat.

Menurut laman Nova Medical News, terdapat beberapa kiat dalam menjalani diet yang sehat.

1. Seimbangkan pola makanan

Pada dasarnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, meskipun sedang menjalani diet. Hanya saja, Anda perlu mengatur porsi masing-masing dengan baik. Dalam menjalani diet sehat, pastikan harus terdiri dari 45% karbohidrat, 30% protein, dan 35% lemak sehat untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup setiap hari.

Selain itu, keseimbangan dalam menggunakan jenis makanan berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya, mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau kentang diimbangi dengan protein nabati atau hewani serta lemak sehat dari kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

Sumber pangan yang direkomendasikan dalam diet seimbang adalah daging rendah lemak, produk susu rendah lemak, serta kacang-kacangan yang dapat memberikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh. Mengatur porsi dengan baik akan memastikan tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tanpa kelebihan kalori yang akan menjadi penyebab kenaikan berat badan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?