Tampang

15 Cara Mengatasi Asam Lambung

27 Mar 2018 05:30 wib. 2.217
0 0
15 Cara Mengatasi Asam Lambung

Apakah Anda suka mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein? Kafein harus dihindari karena kafein yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan efek berat untuk asam lambung. Kafein justru bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga Anda bisa merasa lebih sakit. Bahkan kafein juga bisa menyebabkan detak jantung yang lebih cepat sehingga menyebabkan perasaan terbakar pada bagian diafragma. Kondisi ini bisa lebih berat untuk orang yang memang menderita penyakit maag atau tukak lambung. Beberapa jenis produk kafein yang harus dihindari seperti kopi, teh, coklat dan teh herbal dari daun mint.

  • Hindari kebiasaan makan terlalu cepat

Apakah Anda terbiasa makan terlalu cepat? Kebiasaan makan terlalu cepat sangat buruk untuk kesehatan. Makanan yang masuk ke saluran pencernaan Anda belum terlalu halus sehingga usus harus bekerja lebih keras untuk mengolah makanan. Hal ini bisa membuat produksi asam lambung menjadi sangat tinggi. Namun jika Anda makan dengan baik, pelan dan dikunyah hingga lembut maka semua organ pencernaan bisa menerima makanan dengan baik. kebiasaan makan yang terlalu cepat juga bisa menyebabkan banyak udara yang masuk ke perut. Ini bisa menyebabkan gas perut dalam lambung. Jadi perhatikan untuk makan dengan baik dan dikunyah hingga lembut.

  • Biasakan duduk dan postur benar saat makan

Apakah Anda terbiasa makan saat banyak bergerak? Beberapa orang memang tidak memiliki banyak waktu untuk makan sehingga mereka makan saat di mobil, berjalan atau sedikit berlari. Kebiasaan ini sangat  buruk untuk lambung dan bisa menyebabkan asam lambung naik ke saluran kerongkongan. Makan sambil bergerak berarti Anda makan ketika beberapa bagian otot tubuh juga banyak bergerak. Jika Anda sudah menderita asam lambung maka penyakit ini bisa menjadi lebih parah. pertimbangkan untuk makan di tempat duduk dengan postur tubuh yang baik. Biasakan untuk tidak terlalu membungkuk atau terlalu tegak saat makan.

  • Hindari kebiasaan makan protein dan lemak bersamaan

Beberapa orang yang diet sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Namun kedua nutrisi ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena bisa memicu asam lambung yang tinggi. Anda perlu memutuskan apakah akan makan protein atau lemak terlebih dahulu. Kemudian berikan jarak waktu setidaknya selama 30 menit hingga salah satu nutrisi ini masuk ke pencernaan. Cara ini akan membuat lambung lebih nyaman dan Anda tidak akan merasa sakit karena asam lambung yang tinggi.

<1234>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?