Tampang

Cara Mendidik Anak Agar Mau Meminta Maaf

21 Feb 2018 20:02 wib. 1.342
0 0
Cara Mendidik Anak Agar Mau Meminta Maaf

Mendidik anak agar mau meminta maaf, juga perlu dimulai dari hal-hal kecil. Contohnya tetap mengajarkan sikap pada anak untuk meminta maaf, saat dirinya melakukan hal yang tidak sopan, seperti bersendawa atau buang gas di depan orang lain.

9. Berikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan masalahnya

Orang tua dapat mencoba untuk menggali pada diri sang anak, tentang hal yang membuatnya dirinya tidak mau atau menolak meminta maaf ketika melakukan keasalahan.
Orangtua ataupun guru perlu bersikap netral, agar tidak berpihak kepada siapapun, baik pelaku maupun korban. Apabila berpihak pada salah satunya, maka malah membuat upaya pemulihan hubungan keduanya semakin sulit dicapai.

10. Tumbuhkan rasa empati pada anak.

Minimal, dirinya akan mengetahui bahwa perbuatannya membuat orang lain tersakiti, menderita atau terganggu. Sehingga, lama kelamaan anak mampu memahami bawa perbuatannya itu tidak baik.

11. Memberikan dorongan

Bentuk ucapannya seperti: "Ibu senang sekali jika kamu mendengarkan keluhan orang lain, sehingga kamu tidak lagi menyakiti orang lain. Ibu sangat ingin agar kamu bisa meminta maaf kepada orang yang Kamu sakiti"

Dengan kalimat-kalimat yang lembut dan tidak bersifat memaksa, maka memberikan harapan besar anak mau menerima nasehat. Hal ini juga mengajari anak untuk bersikap terbuka, dan memacunya untuk berpikir sehingga melatih kematangan berpikirnya dan kecerdasan emosionalnya.

12. Beri tahu aneka cara meminta maaf pada anak

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?