Tampang

Gantikan Barista, Kaffa Roastery Pakai AI Ciptakan Racikan Kopi Baru

29 Apr 2024 13:15 wib. 495
0 0
AI Ciptakan Racikan Kopi

Kaffa Roastery, perusahaan pemanggang kopi Finlandia, baru-baru ini memperkenalkan campuran kopi terbarunya yang diberi nama 'AI-conic' yang dikembangkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Terobosan ini menggantikan peran barista dalam menciptakan racikan kopi baru. Penggunaan mesin pembuat kopi berbasis AI terbukti mengurangi beban kerja di sektor kopi yang biasanya mengandalkan pekerjaan manual oleh manusia.

AI-conic merupakan hasil kolaborasi antara Kaffa Roastery, perusahaan pemanggang kopi terbesar ketiga di Finlandia, dengan konsultan AI lokal. Finlandia sendiri adalah negara dengan populasi sekitar 5,6 juta jiwa dan memiliki konsumsi kopi tertinggi di dunia, yaitu sekitar 12 kilogram per kapita per tahun.

Proses pengembangan AI-conic dimulai dengan memberikan deskripsi kepada AI mengenai empat jenis biji kopi yang didominasi oleh Fazenda Pinhal dari Brasil. Kemudian, AI menggunakan informasi tersebut untuk menciptakan perpaduan baru dengan menggunakan campuran biji kopi dari Brasil, Kolombia, Ethiopia, dan Guatemala. Tak hanya itu, AI juga bertanggung jawab atas label kemasan dan deskripsi rasa kopi.

Pendiri Kaffa Roastery, Svante Hampf, mengungkapkan keheranannya ketika AI memilih untuk menciptakan campuran dari empat jenis biji kopi yang berbeda. Hasilnya, AI mampu menghasilkan gabungan yang seimbang antara rasa manis dan buah matang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?