Tampang

Freeport Masuk Gresik, Buka Lowongan Kerja Baru

29 Sep 2024 06:19 wib. 12
0 0
Freeport Masuk Gresik, Buka Lowongan Kerja Baru
Sumber foto: iStock

Smelter tembaga PT Freeport Indonesia di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur memiliki kapasitas pemurnian hingga 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Dengan adanya smelter pertama yang telah beroperasi, yaitu PT Smelting, keduanya akan memurnikan 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Selain itu, produksi tembaga mencapai sekitar 1 juta ton katoda tembaga, 50 ton emas, dan 220 ton perak per tahun.

Nilai investasi kumulatif untuk proyek ini mencapai US$ 3,7 miliar atau setara Rp 58 triliun. Smelter PTFI ini telah mendapatkan off taker yang akan menyerap 100 ribu ton katoda tembaga per tahun, yaitu PT Hailiang Group yang berlokasi di JIIPE, Gresik. Inti dari proses hilirisasi di Indonesia semakin menguat dengan nilai investasi yang masif.

Selain itu, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) juga terlibat dalam kerja sama ini dengan komitmen untuk mengambil 20 ton emas. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa peresmian Smelter Tembaga PTFI di KEK JIIPE adalah tonggak penting dalam pengembangan industri pemurnian tembaga di Indonesia. Penyerapan tenaga kerja sebanyak 2.000 orang juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat sekitar.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kiat Sukses Diet Tanpa Frustasi
0 Suka, 0 Komentar, 2 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.