Tampang

Menakjubkan, Para Peneliti Berhasil Menghasilkan Bunga yang Tahan Lama dan Bebas Serbuk

30 Jul 2018 11:26 wib. 1.244
0 0
Menakjubkan, Para Peneliti Berhasil Menghasilkan Bunga yang Tahan Lama dan Bebas Serbuk

Sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal BMC Plant Biology menunjukkan bagaimana hasil uji coba dari memasukkan dua gen bakteri ke tanaman hias (pelargonium) kemudian menghasilkan tanaman yang berumur panjang (tahan lama) dan tidak menghasilkan serbuk sari (bebas serbuk).

Spesies pelargonium (jenis geranium dan storkbill) telah dikembangkan di Eropa sejak abad ke-17 dan sekarang menjadi salah satu koleksi taman serta rumah tanaman terkenal di dunia. Bunga-bunga itu dikembangkan secara selektif untuk menghasilkan daun dengan ukuran lebih lebar, bunga lebih indah, dan aroma yang harum.

Bunga-bunga itu juga diujicobakan agar bisa terus berkembang, tahan hama, dan penyakit, serta terlihat selalu indah. Dalam proyek penelitian yang dilakukan bersama, para peneliti dari the Instituto de Biolog Moleculary Celular de Plantas (IBMCP) dan BIOMIVASL (Spanyol) memodifikasi Agrobacterium tumefaciens (bakteri yang menyebabkan penyakit pada pangkal batang, akar, dan ranting tanaman) untuk membawa gen yang telah diubah.

Gen yang satu menandai enzim isopentenyl phosphotransferase (ipt). Enzim itu dibuat untuk meningkatkan jumlah sitokinin (hormon pada tanaman), dan mencegah penuaan. Dan gen satunya lagi dirancang untuk secara selektif menghancurkan kepala putik yang menghasilkan serbuk sari.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tren Hijab Segi Empat
0 Suka, 0 Komentar, 30 Agu 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?