Tampang

7 Resep Minuman Segar dari Timun untuk Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

25 Apr 2024 13:20 wib. 612
0 0
Minuman Segar dari Timun
Sumber foto: google

Setelah mengonsumsi makanan tinggi kalori dan kolesterol, seringkali kita memerlukan minuman penyegar yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan tubuh. Mentimun menjadi bahan yang tepat untuk diolah menjadi minuman segar yang efektif dalam menurunkan kolesterol. Berikut ini adalah beberapa resep olahan minuman segar dari mentimun yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

1. Resep Es Timun Serut Lemon
Salah satu resep minuman segar dari mentimun adalah dengan menambahkan lemon. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 2 buah timun yang sudah dikupas, 1 sdm selasih yang direndam sedikit air, 1 buah lemon, sirup gula pasir secukupnya, air, dan es batu. Cara membuatnya adalah dengan membuat serutan mentimun, kemudian campurkan dengan biji selasih yang sudah direndam, tambahkan sirup gula dan air secukupnya, serta es batu. Selanjutnya, tambahkan perasan lemon dan potongan lemon ke dalam minuman segar timun. Es timun serut lemon siap disantap sebagai minuman penurun kolesterol yang segar dan lezat.

2. Resep Es Timun Serut Nipis
Selain lemon, jeruk nipis juga dapat menjadi tambahan segar untuk minuman penurun kolesterol dari mentimun. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 2 buah timun, 700 ml air, 250 ml sirup melon, 2 sdm selasih yang direndam, 1 buah jeruk nipis, dan es batu. Cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih timun, serut timun, lalu tambahkan air jeruk nipis, irisan jeruk nipis, sirup melon, selasih, dan air ke dalam wadah, aduk rata, dan tambahkan es batu. Es timun serut nipis siap dinikmati sebagai minuman segar penurun kolesterol.

3. Resep Es Kuwut Bali
Es Kuwut Bali merupakan minuman segar khas Bali yang juga dapat menjadi pilihan untuk menurunkan kolesterol. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 1 buah kelapa muda, 1/4 buah melon, 1 buah timun, 2 sdm biji selasih, 2 buah jeruk nipis, gula pasir secukupnya, air, dan es batu. Cara membuatnya adalah dengan merendam biji selasih hingga mengembang, kemudian memasukkan air kelapa muda, daging kelapa muda, melon, timun, biji selasih, gula cair, perasan jeruk nipis, dan es batu ke dalam wadah. Es kuwut bali siap dinikmati sebagai minuman segar penyegar dan penurun kolesterol.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?