Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Lubang Hitam Ternyata Mampu ‘Menelan’ Bintang Utuh

Lubang Hitam Ternyata Mampu ‘Menelan’ Bintang Utuh

1 Juli 2017 | Dibaca : 923x | Penulis : Rio Nur Arifin

Dilansir dari Theguardian.com - Bukti baru telah ditemukan untuk mendukung gagasan bahwa materi akan lenyap saat jatuh ke dalam lubang hitam.

Beberapa fenomena kosmik tetap menakutkan dan misterius seperti lubang hitam, sebuah ruang di mana gaya tarik gravitasi begitu besar sehingga tidak ada materi, bahkan cahaya pun yang dapat lepas darinya.

Masih banyak yang kita tidak mengerti tentang lubang hitam dan khususnya, cakrawala peristiwa (event horizon) - batas luar dimana tidak ada jalan untuk keluar atau yang disebut 'point of no return'.

Saat ini, para peneliti dari Universitas Harvard dan Universitas Texas telah menemukan bukti baru yang menunjukkan bahwa materi benar-benar hilang saat jatuh ke dalam lubang hitam dan bahwa cakrawala peristiwa, yang jauh dari teori, adalah hal yang sangat nyata.

Temuan mereka didasarkan pada sebuah analisis baru terhadap data yang ada pada lubang hitam supermasif yang merupakan lubang hitam sangat besar yang diyakini ada di pusat kebanyakan galaksi.

Rencana mereka adalah mencari suar dalam cahaya kapanpun sebuah bintang jatuh ke dalam lubang hitam, sesuatu yang seharusnya, secara teori, menyiratkan bahwa lubang hitam itu memiliki permukaan padat yang bisa ditabrak.

Sebaliknya, mereka sama sekali tidak melihat secercah cahaya sama sekali, menunjukkan bahwa lubang hitam yang mereka amati benar-benar memiliki cakrawala peristiwa dan bintang-bintang ditelan seluruhnya.

"Penelitian kami menyiratkan bahwa beberapa, dan mungkin semua, lubang hitam memiliki cakrawala peristiwa dan materi itu benar-benar hilang dari alam semesta yang dapat diamati saat menarik benda-benda eksotis ini, seperti yang telah kita duga selama beberapa dekade," kata astronom Ramesh Narayan.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Lapar
24 November 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Ketika kita merasakan lapar, tentunya hal yang kita lakukan adalah makan. Tapi, bagaimana jika meskipun baru makan, kita cepat merasa lapar ...
Kini Giliran Ayu Ting Ting Buka Bisnis Kue Kekinian
28 September 2017, by Rachmiamy
Setelah beberapa artis tanah air terkena demam bisnis kue kekinian seperti Laudya Cynthia Bella dengan Bandung Makuta, Syahrini dengan Princess Cake, dan yang ...
Ini 6 Poin Penting Kenapa Anda Harus Belajar Sirah Nabawiyah!
31 Juli 2017, by Zeal
Banyak yang mengatakan kalau masa lalu adalah sesuatu hal yang harus dilupakan. Tidak! presepsi seperti itu harus dihilangkan. Karena masa lalu adalah ...
syahrini kw
6 Juli 2017, by Retno Indriyani
Tampang.com - Lucky Hakim yang belum lama ini melangsungkan pernikahannya dengan Tiara Dewi akan segera mengakhiri hubungan pernikahan mereka. Lucky Hakim ...
Sejarah Diagram Geometri Kuno
23 Agustus 2017, by Rindang Riyanti
Manusia telah menggambar garis dan lingkaran untuk memahami konsep geometris dan menggambarkan hukum alam sekitar 5.000 tahun. Tetapi kebanyakan ilmuwan telah ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab