Tampang

Airlangga Hartarto: Komitmen Golkar Mendukung Dinasti Jokowi

17 Apr 2024 13:43 wib. 60
0 0
kasus airlangga

Airlangga Hartarto, ketua umum Golkar, menunjukkan kesetiaannya terhadap pemerintahan Jokowi meskipun terdapat ketegangan dalam pendaftaran calon Golkar Sumut. Pengumuman Bobby Nasution sebagai penerima mandat Pilgub 2024 mengindikasikan dukungan kuat terhadap dinasti Jokowi, walaupun pendaftaran resmi belum dilakukan.

Kasus Airlangga yang terkait dengan ekspor CPO telah menimbulkan polemik yang melibatkan KPK, di mana Airlangga terus dipanggil untuk dimintai keterangan. Meskipun demikian, Airlangga belum menjadi tahanan dalam kasus ini. Fasilitas ekspor crude palm oil yang dikaitkan dengan Airlangga pada tahun 2021-2022 menyebabkan lonjakan harga minyak goreng di dalam negeri, sehingga menjadi sorotan utama publik.

Pada tahun 2023, pada saat menjalin komunikasi dengan calon presiden, Anies Baswedan, Airlangga langsung diperiksa oleh KPK pada hari berikutnya. Setiap peristiwa yang dinilai tidak sejalan dengan kepentingan pemerintahan Jokowi selalu menarik respons dari KPK. Hal ini menunjukkan kontrol yang kuat terhadap partai Golkar oleh pemerintah, di mana partai ini cenderung mengikuti kebijakan Jokowi. Perilaku ini berpotensi berubah jika ketua umum Golkar tidak terjerat dalam kasus korupsi.

Bobby Nasution, yang mencoba mendapatkan rekomendasi dari Golkar untuk Pilgub 2024, menghadapi hambatan dari kader Golkar Sumut. Kader Golkar Sumut memiliki figur yang dianggap kuat untuk maju sebagai calon Gubernur Sumatera Utara. Ijeck, atau Musa Rajekshah, ketua DPD Golkar Sumut sekaligus mantan wakil Gubernur Sumut, menjadi sosok yang memiliki dukungan kuat di internal partai.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?