Tampang

OpenAI Sam Altman Ajukan Gugatan Balik terhadap Elon Musk

10 Okt 2024 05:33 wib. 52
0 0
OpenAI Sam Altman Ajukan Gugatan Balik terhadap Elon Musk
Sumber foto: Unsplash.com

OpenAI menuduh Elon Musk melakukan pelecehan dalam perkara hukum yang sedang berlangsung, ketika perusahaan rintisan ini mempertimbangkan rencana untuk beralih ke model bisnis konvensional, dari sebelumnya nirlaba.

Belum genap dua bulan usai ia membatalkan gugatan pertamanya terhadap OpenAI, Elon Musk mengajukan sanggahan pada bulan Agustus dengan mengklaim bahwa salah satu pendiri Sam Altman dan Greg Brockman memanipulasinya untuk berinvestasi di OpenAI.

Dalam perjalanannya OpenAI terus mengulang aksi penggalangan dana dan secara otomatis membuat valuasi startup ini bertumbuh. OpenAI sendiri merupakan startup terdepan dalam kegilaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yang awal berdiri adalah lembaga nirlaba dengan tujuan membangun teknologi secara cara aman dan bermanfaat bagi umat manusia.

Lantas OpenAI memperkaya diri mereka sendiri dengan cara menguras teknologi dan aset-asetnya yang berharga, berdasarkan keterangan Elon Musk.Perusahaan saat ini memiliki struktur yang lebih rumit yang mencakup anak perusahaan nirlaba - dibuat pada tahun 2019 untuk membantu mendanai biaya pengembangan model AI canggih, dan sejak saat itu telah menarik miliaran investasi dari luar dari Microsoft Corp. dan lainnya.

“Gugatan ini adalah langkah terbaru dalam kampanye Elon Musk yang semakin gencar untuk melecehkan OpenAI demi keunggulan kompetitifnya sendiri,” kata Sam Altman dan perusahaan dalam pengajuan pengadilan pada hari Selasa yang meminta hakim federal di Oakland, California, untuk menolak keluhan Musk.

Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar yang dikirim ke platform media sosialnya, X.

Pertarungan Elon Musk dan OpenAI (lebih khusus dengan Sam Altman) meningkat karena perusahaan yang berkembang pesat di garis depan inovasi AI ini sedang mempertimbangkan untuk pivot menjadi berorientasi pada profit, seperti yang dilaporkan Bloomberg News sebelumnya pada bulan September. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fakta Unik
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.