Tampang

OpenAI Sam Altman Ajukan Gugatan Balik terhadap Elon Musk

10 Okt 2024 05:33 wib. 55
0 0
OpenAI Sam Altman Ajukan Gugatan Balik terhadap Elon Musk
Sumber foto: Unsplash.com

Dalam keluhan terbarunya, Elon Musk menggambarkan kisah OpenAI sebagai “kisah buku teks tentang altruisme versus keserakahan.” 

Pengacara pengusaha miliarder tersebut mengklaim Sam Altman “dengan sengaja merayu dan menipu Musk,” yang telah menyuarakan keprihatinannya tentang ancaman yang ditimbulkan oleh AI. 

Elon Musk meluncurkan xAI Corp pada tahun 2023 sebagai pesaing OpenAI. Dia melawan tuduhan dalam gugatan hukum di Delaware bahwa perusahaan rintisan AI-nya telah menguras talenta dan sumber daya salah satu perusahaannya yang lain, Tesla Inc sehingga merugikan para pemegang saham di perusahaan pembuat kendaraan listrik tersebut.

Menurut laporan terbaru dari industri, OpenAI sedang dalam tahap awal pembicaraan untuk bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar di bidang teknologi, termasuk dalam pengembangan solusi AI untuk kebutuhan bisnis mereka. Langkah ini menunjukkan bahwa bisnis AI tersebut bergerak menuju arah yang lebih komersial daripada hanya berfokus pada riset dan pengembangan teknologi semata. 

Lebih jauh, peningkatan kompleksitas struktur perusahaan dan jumlah karyawan, serta capaian dalam penggalangan dana yang besar menunjukkan bahwa OpenAI sedang dalam fase transisi yang signifikan, yang pada gilirannya memunculkan konflik internal dengan Elon Musk.

Reaksi Musk terhadap rencana retorikalisasi bisnis OpenAI merupakan bagian dari upayanya untuk menjaga dominasinya di industri kecerdasan buatan. Hal ini menunjukkan persaingan antara dua figur terkemuka di dunia teknologi ini tidak hanya terbatas pada ranah bisnis, tetapi juga mencakup ranah hukum yang berpotensi panjang dan menyita banyak perhatian publik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.