Tampang

Bukan Hanya Pluto, Penelitian Terbaru Ungkap Bukti Baru Tentang Planet Kesembilan dalam Tata Surya

4 Mei 2024 16:38 wib. 48
0 0
planet pluto

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim Caltech yang akan segera dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal Letters menemukan bukti tambahan yang mendukung keberadaan planet misterius yang disebut "planet kesembilan".

Menurut profesor astronomi planet di California Institute of Technology, Michael Brown, kecil kemungkinannya bagi planet kesembilan untuk tidak ada. Brown menjelaskan bahwa jika planet itu tidak ada, ilmuwan harus menemukan lima hingga enam penjelasan terpisah untuk menjelaskan fenomena aneh yang terjadi pada bagian luar tata surya.

Para peneliti telah melakukan pelacakan terhadap orbit jangka panjang dari Objek Trans-Neptunian (TNO) di bagian luar tata surya, dan juga memodelkan skenario orbit yang berbeda berdasarkan pergerakannya. Mereka juga menambahkan data-data mengenai gravitasi Neptunus serta pasang surut galaksi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penjelasan paling masuk akal atas pergerakan tidak teratur objek-objek tersebut adalah adanya planet besar yang belum terdeteksi. Meskipun begitu, posisi pasti dari planet kesembilan masih belum dapat terbuktikan secara tepat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?