Tampang

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

14 Apr 2024 06:56 wib. 74
0 0
Mahasiswa

Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang semakin diminati oleh para pelajar di Indonesia. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, kebutuhan akan tenaga profesional di bidang komunikasi pun semakin meningkat. Jurusan ilmu komunikasi menawarkan beragam pengetahuan dan keterampilan yang sangat relevan dengan tuntutan pasar kerja saat ini. Maka dari itu, prospek kerja bagi lulusan ilmu komunikasi sangatlah cerah dan menjanjikan.

Apa saja yang bisa dikerjakan oleh lulusan ilmu komunikasi? Jurusan ini membuka peluang karir yang sangat luas, mulai dari media massa, perusahaan, agensi periklanan, lembaga pemerintah, hingga organisasi non-profit. Lulusan ilmu komunikasi memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, membuat strategi pemasaran, mengelola acara komunikasi, riset pasar dan opini, serta memahami dinamika media sosial. Semua ini membuat lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan.

Di media massa, lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai jurnalis, penulis, presenter, atau produser. Mereka juga dapat berperan dalam bidang public relations, corporate communications, atau media planning di perusahaan swasta maupun BUMN. Di sisi lain, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang komunikasi untuk mengelola citra perusahaan, mengembangkan strategi branding, dan mengelola kampanye komunikasi.

Sementara itu, di lembaga pemerintah, lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai penyiar radio/televisi, pejabat protokol, atau pengelola media sosial. Selain itu, lulusan ilmu komunikasi juga dibutuhkan di organisasi non-profit untuk mengelola kampanye sosial, advokasi, dan penggalangan dana.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Menara Eifel
0 Suka, 0 Komentar, 15 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?