Tampang

Pemberdayaan Peternak Kambing Oleh BRI Mendorong Kesuksesan Usaha

19 Jun 2024 19:00 wib. 42
0 0
Pemberdayaan Peternak Kambing Oleh BRI Mendorong Kesuksesan Usaha
Sumber foto: iStock

Pengembangan potensi usaha di suatu wilayah bisa menjadi salah satu cara untuk mendorong kemajuan masyarakat. Potensi ini bisa beragam jenisnya, namun untuk mewujudkannya tidak hanya diperlukan ide, tetapi juga ketekunan dan kerja keras.

Sukateno bersama rekan-rekannya membangun Trimandiri Farm pada tahun 2015, sebuah unit usaha peternakan kambing di Desa Tambaksari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Dengan bertambahnya anggota kelompok usaha kambing dalam satu klaster, Sukateno merasakan ikatan kerja sama yang meningkat antar-sesama warga Desa Tambaksari.

Kambing berjenis jantan menjadi hewan primadona Trimandiri Farm untuk dijual menjelang Idul Adha. Selain itu, kambing pedaging lainnya juga tak kalah diminati pembeli. Pembeli tersebut tidak hanya berasal dari Malang, tetapi juga dari Jakarta hingga Surabaya, terutama menjelang Idul Adha. Sementara itu, pembeli-pengepul kambing pedaging pada umumnya berasal dari luar daerah seperti Kalimantan dan Bali. Adapun harga satuan per kambing dijual dalam rentang harga Rp 2 juta - Rp 4 juta.

Timbangan bobot berat badan kambing menjadi penentu harga jual. Semakin berat atau semakin gemuk, maka harga semakin mahal. Sukateno mengungkapkan bahwa usaha Trimandiri Farm diawali dengan modal pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI dan telah berjalan selama 9 tahun.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

shalat witir
0 Suka, 0 Komentar, 2 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%