Tampang

KPU Ganti 5 Anggota DPR Terpilih dari PKB, Salah Satunya Adik Mensos yang Dipecat Cak Imin

22 Sep 2024 02:15 wib. 55
0 0
Ketua KPU M Afifuddin
Sumber foto: website

Tampang.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pergantian lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Para anggota DPR tersebut rata-rata diganti karena diberhentikan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Menurut salinan keputusan yang diterima oleh iNews Media Group pada Sabtu (21/9/2024), penetapan KPU ini berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1349 Tahun 2024 yang ditetapkan oleh Ketua KPU Mochammad Afifuddin tertanggal 20 September 2024.

Dalam putusan tersebut, KPU menetapkan pergantian lima anggota DPR terpilih dari PKB dari daerah pemilihan (Dapil) Riau II, Jawa Tengah II, Jawa Timur II, Jawa Timur IV, dan Jawa Timur V.

"Menetapkan perubahan penetapan calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 terhadap Partai Kebangkitan Bangsa Daerah Pemilihan Riau II, Jawa Tengah II, Jawa Timur II, Jawa Timur IV, dan Jawa Timur V, sebagaimana tercantum dalam lampiran Keputusan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini," demikian isi keputusan tersebut.

Pertama, pergantian anggota DPR terpilih dari Dapil Riau II adalah Hendri yang memperoleh 3.189 suara. Dia menggantikan calon terpilih atas nama Mafiron (peringkat suara sah ke II, nomor urut 2), karena yang bersangkutan tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR setelah diberhentikan dari partai. Calon pengganti Mafiron, yaitu Aherson (peringkat suara sah III, nomor urut 4), juga tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR setelah diberhentikan dari partai. Sementara itu, calon pengganti selanjutnya atas nama Riza Ramlan (peringkat suara sah ke IV, nomor urut 3) memutuskan untuk mengundurkan diri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

20 Fakta Menarik Bunga Sakura
0 Suka, 0 Komentar, 1 Mei 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.