Tampang

Panduan Editorial Internal Koran The New York Times yang Kontroversial: Hindari Kata "Palestina"

18 Apr 2024 15:12 wib. 54
0 0
Panduan Editorial Internal The New York Times yang Kontroversial
Sumber foto: Unsplash

Sebuah panduan editorial internal yang terungkap oleh The Intercept, sebuah organisasi berita investigatif Amerika, telah mengungkapkan bagaimana The New York Times memerintahkan jurnalis mereka untuk melaporkan invasi Israel ke Gaza, memicu perdebatan mengenai bias media dan peran jurnalisme dalam membentuk persepsi publik.

Panduan tersebut memperingatkan agar hindari penggunaan istilah seperti "genosida," "pembersihan etnis," "wilayah yang dijajah," dan "kamp pengungsi," meskipun Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui ada hingga delapan kamp pengungsi di dalam Gaza yang terkepung.

Memo tersebut juga mengarahkan para reporter untuk tidak menggunakan istilah "pejuang" dalam merujuk kepada serangan tertentu, dan malah menyarankan penggunaan istilah "teroris," sebuah istilah yang diterapkan secara tidak konsisten dalam dokumen tersebut, menurut analisis The Intercept, yang mencatat bias NYT yang condong kepada perspektif Israel dalam perang tersebut.

Memo yang bocor juga menyarankan untuk menghindari penggunaan kata "Palestina" secara rutin, kecuali dalam konteks-konteks luar biasa seperti referensi historis atau perkembangan politik penting yang diakui oleh lembaga internasional.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?