Tampang

Kemlu RI: Konflik Rusia-Ukraina Harus Diselesaikan Lewat Usaha Semua Pihak

29 Jun 2024 14:43 wib. 43
0 0
Konflik Rusia-Ukraina Harus Diselesaikan Lewat Usaha Semua Pihak
Sumber foto: google

Dalam konteks komunike bersama yang dihasilkan dalam KTT Ukraina, 80 negara dan empat organisasi internasional mendukungnya, sementara 16 negara dan organisasi, termasuk Indonesia, Libya, Arab Saudi, Thailand, India, Meksiko, Afrika Selatan, Brasil, dan Uni Emirat Arab memutuskan untuk abstain. Komunike bersama tersebut menekankan tiga aspek utama yang perlu diupayakan bersama oleh negara-negara yang terlibat.

Pertama, terkait dengan penggunaan energi nuklir dan instalasi nuklir yang harus dijamin keamanannya serta ramah terhadap lingkungan. Hal ini merupakan upaya untuk mencegah terjadinya bencana nuklir dan memastikan penggunaan energi nuklir yang aman bagi lingkungan serta manusia.

Kedua, komunike bersama menyoroti pentingnya ketahanan pangan yang tidak boleh dipersenjatai, serta menekankan bahwa serangan terhadap kapal dagang di pelabuhan dan sepanjang rute, serta terhadap infrastruktur sipil tidak dapat diterima. Ini mencerminkan kesadaran akan kebutuhan akan ketahanan pangan global yang harus dilindungi dari segala bentuk ancaman.

Terakhir, komunike tersebut juga menegaskan perlunya pembebasan tawanan perang melalui pertukaran penuh, serta penekanan pada perlunya mengembalikan semua anak-anak Ukraina yang dideportasi dan dipindahkan secara tidak sah, serta warga sipil Ukraina lainnya yang ditahan secara tidak sah, untuk dapat kembali ke Ukraina. Pandangan negara-negara yang abstain menunjukkan kebutuhan akan pembaharuan dan penyesuaian yang lebih komprehensif dalam upaya pencapaian perdamaian.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%