Tampang

China Berencana Menghubungkan Jalur Kereta Api Pantai Timur Malaysia dengan Proyek Kereta Api Berbasis China di Laos dan Thailand

23 Jun 2024 19:00 wib. 156
0 0
China Berencana Menghubungkan Jalur Kereta Api Pantai Timur Malaysia dengan Proyek Kereta Api Berbasis China di Laos dan Thailand
Sumber foto: iStock

Dengan konektivitas yang ditingkatkan melalui proyek-proyek rel kereta api ini, Malaysia juga dapat memperluas pasar ekspornya ke Laos dan Thailand. Ini tentu akan membantu pertumbuhan ekonomi di Malaysia, sekaligus mendukung visi Malaysia untuk memperluas jalur perdagangan dan transportasi antarnegara, serta menciptakan kesempatan bisnis yang baru.

Tidak hanya itu, penghubungan ECRL dengan proyek kereta api di Laos dan Thailand juga akan memberikan manfaat yang signifikan bagi China. Hal ini akan memperkuat posisinya sebagai negara pemimpin dalam mengembangkan infrastruktur di kawasan Asia Tenggara, sekaligus membantu memperluas jaringan transportasi mereka dalam mendukung aktivitas perdagangan dan investasi di wilayah tersebut.

Selain keuntungan ekonomi, penghubungan infrastruktur transportasi ini juga dapat membantu memperkuat hubungan diplomatik antara China, Malaysia, Laos, dan Thailand. Dengan lebih terintegrasi secara ekonomi dan infrastruktur, negara-negara tersebut dapat memperkuat kemitraan mereka dalam berbagai bidang, mulai dari perdagangan, budaya, hingga kerjasama politik dan keamanan.

Upaya Tiongkok untuk menghubungkan jalur kereta api di Malaysia dengan proyek-proyek kereta api lainnya di Laos dan Thailand juga merupakan bagian dari strategi mereka dalam mengembangkan inisiatif Belt and Road di kawasan Asia Tenggara. Sebagai inisiatif utama Presiden Xi Jinping, Belt and Road memiliki tujuan untuk memperluas kerja sama ekonomi dan infrastruktur antarnegara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi global.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pengobatan Sakit Mata Secara Alami
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jun 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.