Tampang

Bisnis "Deepfake" di China Marak, Youtuber Asal Ukraina Jadi Korban

20 Mei 2024 13:41 wib. 121
0 0
Penipuan

Teknologi telah membawa perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dengan kehadiran teknologi kecerdasan buatan atau AI, pekerjaan manusia semakin dipermudah. AI mampu menciptakan teks dan karya visual sesuai dengan keinginan pengguna dalam hitungan detik.

Namun, di balik kecanggihan teknologi AI, terdapat potensi penyalahgunaan yang dapat merugikan individu. Kasus baru-baru ini mencuat tentang seorang Youtuber asal Ukraina yang menemukan banyak video singkat dengan wajah dan suara dirinya yang berbicara bahasa Mandarin tersebar di internet.

Konten video tersebut bukanlah hasil kreasi Youtuber tersebut, dan ia juga tidak pernah belajar bahasa Mandarin. Pada video-video singkat tersebut, sosok yang sangat mirip dengan dirinya mengucapkan hal-hal yang tak akan pernah diucapkannya, seperti mendukung Rusia, mempromosikan produk-produk Rusia, serta memuji hubungan China dengan Rusia.

Youtuber Ukraina tersebut dikenal dengan nama Olga Loiek, yang pertama kali membuat akun YouTube pada Desember 2022. Pada awalnya, Olga tidak secara rutin mengunggah konten ke akunnya. Namun, ia mulai menerima pesan dari orang-orang yang melihatnya berbicara bahasa Mandarin di aplikasi media sosial China, Xiaohongshu.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%