Tampang

Resep Rendang Khas Padang, Rasanya Seperti di Rumah Makan Padang

27 Jun 2024 16:28 wib. 33
0 0
Rendang Khas Minang
Sumber foto: Goggle

Rendang merupakan salah satu keistimewaan kuliner Indonesia yang telah mendunia. Rendang, makanan khas Minangkabau, tidak hanya populer di berbagai restoran di wilayah Indonesia, tetapi juga telah diakui kelezatannya di mata dunia internasional. Rendang juga telah menjadi simbol perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha di Indonesia.

Untuk menyajikan rendang, dibutuhkan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah yang khas, seperti kelapa parut sangrai, santan, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas giling, garam, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, asam kandis, gula merah, dan batang serai. Proses pembuatannya memerlukan kesabaran karena memerlukan waktu yang cukup lama agar citarasa rendang benar-benar terangkat dengan sempurna.

Di bawah ini disajikan resep dan cara membuat rendang khas Padang yang dapat diikuti, yang diambil dari buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia: Aneka Olahan Rendang" karya Lilly T. Erwin (2013) yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 200 gram daging sapi tanpa lemak yang dipotong menjadi 5 bagian, 50 gram kelapa parut sangrai, 200 ml santan kental, serta bumbu halus berupa 3 sendok makan irisan cabai merah, 3 sendok makan irisan bawang merah, 1 sendok makan irisan bawang putih, 1 sendok makan lengkuas giling, dan 1 sendok makan garam. Selain itu, juga diperlukan bumbu lainnya seperti 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 lembar daun kunyit, 2 asam kandis, 2 sendok makan gula merah, dan 1 batang serai yang dimemarkan.

Proses pembuatan rendang dimulai dengan mencampur potongan daging sapi dengan bumbu halus dan bumbu lainnya, kemudian diaduk hingga tercampur dengan rata. Selanjutnya, taruh campuran daging dan bumbu dalam wajan atau panci anti lengket, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, nyalakan api kompor, dan masak campuran daging dengan bumbu hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma yang harum. Kemudian, tuangkan santan dan masak kembali hingga daging empuk dan santan menyusut. Menambahkan parutan kelapa sangrai merupakan tahap selanjutnya, di mana campuran diaduk hingga tercampur rata, kemudian didihkan sejenak dan angkat daging. Rendang yang telah matang siap untuk dihidangkan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%