Tampang

Sistem Imun Salamander Ternyata untuk Beregenerasi

23 Mar 2018 10:31 wib. 3.365
0 0
Sistem Imun Salamander Ternyata untuk Beregenerasi

Sistem imun atau kekebalan pada salamander ternyata berfungsi menumbuhkan kembali anggota tubuh mereka. Para peneliti dari Australian Regenerative Medicine Institute (ARMI) Monash University, Australia, menemukan, ketika sel-sel kekebalan tubuh (makrofag) itu dilenyapkan, salamander kehilangan kemampuan untuk meregenerasi anggota tubuh mereka. Sebagai gantinya, terbentuk jaringan parut. Padahal dengan fungsi regenerasi tersebut, salamander mampu menumbuhkan tali saraf tulang belakang, jaringan otak, bahkan bagian hati mereka.

Menurut Dr. James Godwin, ketua tim peneliti di laboratorium ARMI, penemuan itu membawa penelitian selangkah lebih dekat untuk mengerti kondisi yang dibutuhkan untuk beregenerasi. Sebelumnya peneliti memperkirakan makrofag tidak berperan dalam regenerasi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan hasil yang berbeda. Jika makrofag tidak ada dalam fase awal dalam penyembuhan, regenerasi tidak akan terjadi.

Penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana makrofag berperan dalam proses regenerasi. Hasil penelitian itu menjadi jalan untuk melakukan terapi rekayasa sistem kekebalan manusia ke jalur yang lebih regeneratif.

Salamander mengatasi cedera dengan cara yang luar biasa. Proses penyembuhan yang terjadi pada tubuhnya memulihkan fungsi jaringan secara lengkap pada setiap bagian tubuh, termasuk organ. Regenerasi jaringan tersebut bebas bekas luka dan hampir sempurna seperti sebelum terjadi kerusakan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?