Tampang

Mengapa Tidak Ada yang Bisa Hidup Abadi?

19 Sep 2017 12:13 wib. 1.365
0 0
Mengapa Tidak Ada yang Bisa Hidup Abadi?

Peneliti di Institute of Molecular Biology (IMB) di Mainz, Jerman, telah melakukan terobosan dalam memahami asal mula proses penuaan. Mereka telah mengidentifikasi bahwa gen yang berperan dalam suatu proses yang disebut autophagy – berperan dalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran pada cacing muda namun mendorong proses penuaan di kemudian hari.

Menjadi tua, ini adalah sesuatu yang terjadi pada semua orang dan hampir setiap spesies di planet ini, namun pertanyaannya adalah, haruskah begitu?

Seperti yang dijelaskan oleh Charles Darwin, seleksi alam menghasilkan individu terkuat untuk lingkungan tertentu yang bertahan untuk berkembang biak dan meneruskan gen mereka ke generasi berikutnya. Secara teori, ini harus memunculkan individu dengan sifat yang dapat mencegah penuaan sehingga gen mereka dapat diteruskan secara terus menerus. Jadi, terlepas dari fakta yang jelas sebaliknya, dari sudut evolusi penuaan seharusnya tidak pernah terjadi.

Kontradiksi evolusioner ini telah diperdebatkan dan berteori sejak tahun 1800an. Baru pada tahun 1953 dengan hipotesisnya tentang pleiotropi antagonis (AP) bahwa George C. Williams memberi penjelasan rasional tentang bagaimana penuaan dapat timbul dalam suatu populasi melalui evolusi. Williams mengusulkan agar seleksi alam memperkaya gen yang mendukung keberhasilan reproduksi namun akibatnya mengabaikan efek negatifnya pada umur panjang. Intinya, jika mutasi gen menghasilkan lebih banyak keturunan tapi memperpendek hidup itu adalah hal normal. Ini karena ada lebih banyak keturunan yang membawa gen orang tua dalam waktu yang lebih singkat untuk memberi kompensasi. Meskipun teori ini telah terbukti secara matematis dan implikasinya ditunjukkan di dunia nyata, bukti aktual untuk gen masih kurang.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Permainan Bola Tangkas Online
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2019
Padu Padan Batik Agar Lebih Modis
0 Suka, 0 Komentar, 20 Sep 2021

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?