Tutup Iklan
powerman
  
login Register
Masjid Al-Aqsa' Dibuka, Warga Palestina Padati Masjid Ini Saat Ramadhan

Masjid Al-Aqsa' Dibuka, Warga Palestina Padati Masjid Ini Saat Ramadhan

10 Juni 2017 | Dibaca : 1158x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Otoritas keamanan Israel sempat membatasi hak-hak warga Muslim Palestina untuk mengunjungi sejumlah situs bersejarah di Yerusalem. Salah satu akses yang sempat ditutup adalah Masjid Al-Aqsa yang menjadi situs bersejarah bagi umat Islam dunia.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu (10/6/2017) memasuki bulan Ramadhan tahun ini, masyarakat Palestina dari Tepi Barat dapat menjalankan ibadah salat di sana. Diperkirakan 250.000 warga Palestina memenuhi kompleks Masjid Al-Aqsa pada bulan Ramadhan.

Pria lansia, anak di bawah umur 12 tahun dan wanita dari segala usia diizinkan oleh pemerintah Israel untuk memasuki kawasan Yerusalem Timur.

Sejak awal pemberian izin tersebut, pihak berwenang Israel telah meningkatkan keamanan di sekitar lokasi. Ribuan tentara disiagakan di jalanan, terutama akses pintu masuk Kota Tua Yerusalem.

"Karena proses pengamanan yang sangat ketat, saya membutuhkan waktu empat jam untuk mencapai Yerusalem dari Nablus kota dari mana saya berasal," ujar Salem Abdulhadi salah satu warga Palestina.

"Saya selalu rutin menjalankan ibadah salat Jumat di Al-Aqsa selama bulan suci Ramadhan, meski ada peningkatan keamanan," tambahnya.

Sheikh Azzam Al-Khatib selaku tokoh Palestina mengatakan, sekitar 250.000 jamaah hadir di Masjid Al-Aqsa untuk menunaikan ibadah salat Jumat.

"Kami memperkirakan sekitar 150.000 jemaah Palestina yang bermukim di wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza akan tinggal hingga salat tarawih dilangsungkan," ujar Sheikh Azzam Al-Khatib.

Al-Khatib menambahkan, otoritas wakaf yang dijalankan oleh Yordania akan mendistribusikan makanan dan air kepada para jemaah setiap harinya.

Salem Sabaana, seorang warga Palestina berusia 40 tahun dari kota Jenin mengatakan bahwa ini adalah kunjungan kedua kali setelah kunjungan pertama ia lakukan saat masih kecil.

"Saya senang akhirnya bisa berkunjung dan salat di Masjid Al-Aqsa lagi, momen ini telah saya tunggu selama 30 tahun," ujar Saleem.

"Bersama istri dan dua anak perempuan, kami berencana untuk tinggal disini hingga malam hari sembari menjalankan ibadah salat tarawih," tambahnya.

Anak perempuannya yang berusia 12 tahun yakni Safaa menyuarakan keinginannya untuk datang kembali.

"Ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi Al-Aqsa, Ini sangat indah dan saya berjanji untuk kembali," kata Safaa.

Kompleks Masjid Al-Aqsa menjadi kompleks bersejarah bagi umat Muslim dan Yahudi.

Sejak tahun 1967, Israel menduduki wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang menjadi lokasi Masjid Al-Aqsa. Hingga akhirnya pada tahun 1980, Israel mencaplok seluruh wilayah kota dan mengklaim seluruh wilayah adalah milik negaranya.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

San Francisco Melarang Penjualan Produk Tembakau Beraroma
7 Juni 2018, by Slesta
Warga San Francisco memilih untuk melarang semua produk tembakau beraroma, termasuk rasa vape, serta rokok mentol pada hari Selasa. Hampir 70 persen pemilih ...
Lagi Asyik Pesta Sabu, Polisi Cepek, Makelar Motor dan Makelar Mobil ini Digerebek Polisi
13 April 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Petugas Polsek Karangpilang Surabaya menangkap tiga orang pria yang sedang asyik pesta sabu-sabu dirumah salah seorang pelaku. Saat digerebek ...
Baterai Baru ini Diaktifkan dengan Ludah Anda
5 Oktober 2017, by Rio Nur Arifin
Peneliti di Binghamton University  telah mengembangkan langkah selanjutnya dalam sel bahan bakar mikroba (MFC): baterai yang diaktifkan oleh ludah yang ...
Gareth Bale akan Tinggalkan Madrid jika Kylian Mbappe Masuk Madrid
23 Juni 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com- Pemain Real Madrid asal Wales, Gareth Bale, yang merupakan salah satu pemain termahal yang direkrut Madrid dari Spurs, kemungkinan akan ...
Apa Tanggapan Mendagri Setelah PTUN Menolak Gugatan HTI?
8 Mei 2018, by oteli w
Apa Tanggapan Mendagri Setelah PTUN Menolak Gugatan HTI?   Terkait putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang menolak gugatan ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
powerman