Tampang

Saksi Pendudukan Hebron: Masjid Al-Ibrahimi

9 Apr 2024 14:31 wib. 67
0 0
Saksi Pendudukan Hebron: Masjid Al-Ibrahimi
Sumber foto: suarapalestina.com

Selain itu, tragedi pembantaian Hebron pada tahun 1994 telah memicu pembagian tragis di dalam masjid ini. Saat ini, 63% dari area masjid telah dialokasikan untuk orang Yahudi, sedangkan sisa 37% tersedia bagi umat Muslim. Pembagian ini terus memperburuk ketegangan agama dan menjadi simbol dari konflik yang terus berlanjut di antara dua komunitas tersebut.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Al Ibrahimi juga mencerminkan kompleksitas konflik antara Israel dan Palestina serta upaya Israel untuk mengubah karakter wilayah Hebron. Kebijakan Judaization yang dijatuhkan oleh pemerintah Israel, termasuk alokasi lahan yang lebih besar untuk komunitas Yahudi, telah menyulut ketegangan antara dua komunitas agama yang saling bertentangan.

Panggilan perdamaian dan kebebasan beragama dari dunia internasional telah mengeras di wilayah Hebron, namun situasinya tetap tegang. Hal ini mencerminkan perjuangan yang lebih besar untuk kontrol dan kedaulatan di wilayah tersebut, bukan hanya antara Israel dan Palestina, tetapi juga antara kekuatan-kekuatan regional yang saling bersaing.

Masjid Al Ibrahimi tidak hanya menjadi pusat ibadah bagi umat Muslim dan Yahudi, tetapi juga menjadi simbol perjuangan dan konflik yang terus berlangsung antara pihak-pihak yang saling bertentangan. Hal ini mengingatkan kita bahwa harmoni antaragama dan perdamaian sejati hanya dapat terwujud jika semua pihak yang terlibat mau berupaya untuk saling memahami dan menghormati satu sama lain.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Seni Ekspresi
0 Suka, 0 Komentar, 10 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?