Tampang

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H Jatuh Hari Senin 17 Juni 2024

10 Jun 2024 13:50 wib. 67
0 0
Pemerintah Tetapkan Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H Jatuh Hari Senin 17 Juni 2024
Sumber foto: Era.id

Dalam kalender Islam, Idul Adha, atau yang dikenal juga sebagai Hari Raya Haji, amatlah penting. Hari itu diperingati oleh umat Muslim sebagai saat kedatangan Nabi Ibrahim yang akan menyembelih putra tunggalnya, Ismail, atas perintah Allah, tetapi akhirnya digantikan oleh kambing. Dalam rangka memperingati peristiwa penting ini, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah kurban.

Ketentuan penentuan tanggal 1 Zulhijah dan Idul Adha ini sangatlah penting, karena menentukan waktu pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan kurban yang akan dilakukan oleh jutaan umat Muslim di seluruh dunia. Oleh karenanya, penetapan tanggal ini merupakan hasil kajian yang matang dan dilakukan dengan berbagai pertimbangan, baik keagamaan maupun astronomi.

Perbedaan penetapan tanggal 1 Zulhijah ini juga seringkali mengemuka di berbagai negara, terutama dalam konteks ibadah haji. Negara-negara dengan jumlah umat Muslim yang signifikan akan berupaya untuk memastikan kepatuhan terhadap penetapan resmi tanggal 1 Zulhijah dari pemerintah negara asal. Hal ini juga mempengaruhi persiapan dan prosedur dalam pelaksanaan ibadah haji, termasuk dalam penjadwalan keberangkatan serta lokasi pelaksanaan ibadah.

Penetapan awal bulan Zulhijah ini juga memengaruhi kalender ibadah bagi umat Muslim yang melaksanakan puasa sunnah atau ibadah-ibadah lain yang berkaitan dengan bulan Dzulhijjah. Oleh karena itu, pengumuman resmi penetapan tanggal tersebut baik di level nasional maupun internasional sangat mempengaruhi kegiatan keagamaan umat Muslim.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anies Baswedan
0 Suka, 0 Komentar, 10 Jun 2024
Ini Nih manfaat Kopi Untuk Kult
0 Suka, 0 Komentar, 22 Des 2021

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%