Tampang

143 Negara Dukung Palestina Menjadi Anggota PBB, AS dan Israel Menolak

12 Mei 2024 14:25 wib. 79
0 0
143 Negara Dukung Palestina Menjadi Anggota PBB, AS dan Israel Menolak
Sumber foto: Google

Dukungan terhadap upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB kembali menjadi sorotan internasional setelah hasil pemungutan suara Majelis Umum PBB pada Jumat, 10 Mei. Survei global ini diikuti oleh 193 negara sebagai respons terhadap veto Amerika Serikat di Dewan Keamanan PBB bulan sebelumnya. Hasil dari pemungutan suara ini menjadi gambaran jelas atas dukungan global terhadap upaya Palestina untuk mendapatkan status yang diinginkan.

Pemungutan suara ini menjadi momentum penting bagi Palestina, yang diakui sebagai negara pengamat non-anggota oleh PBB pada tahun 2012. Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya Palestina untuk memperoleh pengakuan resmi sebagai negara yang merdeka dan menjadi anggota penuh PBB. Namun, perjalanan Palestina dalam mencapai tujuan ini setelah terhalang oleh veto Amerika Serikat di Dewan Keamanan PBB.

Dukungan yang muncul dalam pemungutan suara ini menjadi cermin dari pandangan mayoritas negara-negara anggota PBB terhadap isu yang kompleks ini. Meskipun pembatasan politik dan kepentingan geopolitik dapat memengaruhi sikap suatu negara, hasil survei ini menunjukkan bahwa mayoritas negara anggota PBB mendukung upaya Palestina untuk mendapatkan status sebagai anggota penuh PBB.

Dalam konteks diplomasi internasional, pemungutan suara ini juga mencerminkan dinamika politik global yang terus berubah. Dengan pergeseran kekuatan dan dinamika politik yang tidak stabil di beberapa wilayah, dukungan terhadap Palestina menjadi sentimen penting bagi banyak negara yang memiliki kepentingan dalam perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%