Tampang

Pilgub DKI 2017: Apakah Jakarta Dibiarkan Di-Tripoli-Kan

18 Apr 2017 10:15 wib. 4.175
0 0
Pilgub DKI 2017: Apakah Jakarta Dibiarkan Di-Tripoli-Kan

Tetapi, keinginan rakyat Indonesia berbeda dengan nalar politik. Apalagi jika potensi konflik di Jakarta tersebut diperlebar menjadi konflik global yang tengah terjadi, khususnya di Laut Tiongkok Selatan. Di laut dengan multi konflik yang menyeret sejumlah negara tersebut, militer Amerika kerap kali melancarkan aksi provokasinya terhadap China. Tercatat beberapa kali pesawat militer Amerika memasuki wilayah laut yang oleh China diklaim menjadi miliknya.

Persoalan Laut Tiongkok Selatan pastinya menyeret sejumlah negara yang berbatasan dengannya, termasuk Indonesia. Indonesia dengan luas wilayahnya pastinya sangat strategis di mata China dan Amerika. Tidak mengherankan jika dalam Perang Dunia Pertama dan Kedua, sejumlah wilayah Indonesia  dijadikan base pertahanan oleh negara-negara yang terlibat dalam perang dunia.

Karenany, bicara soal Pilgub DKI dan politik di Indonesia tidak mungkin dipisahkan dengan geopolitik global. Jika kedua kubu massa yang menumpuk di Jakarta pada minggu ini mudah diprovokasi, maka ibu kota terancam menjadi Tripoli kedua.

Dalam tragedi Tripoli, kerusuhan terjadi di ibu kota Libya itu setalah milisi pemberontak melancarkan serangannya kepada pasukan pemerintah. Dalam pergolakan yang melebar ke sejumlah kota di Libya, kelompok teroris Al Qaeda turun tangan dengan membantu pasukan pemberontak. Selanjutnya, dengan alasan memerangi terorisme, Amerika menerjunkan pasukannya ke Libya.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?