Tampang

Kunjungan Megawati ke Rusia dan Uzbekistan

16 Sep 2024 07:40 wib. 34
0 0
Kunjungan Megawati ke Rusia dan Uzbekistan
Sumber foto: kompas.id

Presiden kelima Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PDIP, melakukan kunjungan ke St. Petersburg, Rusia, dan Samarkand, Uzbekistan dalam agenda penting minggu ini. Kunjungan ini tidak hanya menjadi momentum untuk mempererat hubungan antara Indonesia dengan Rusia dan Uzbekistan, tetapi juga mendorong kerjasama di berbagai bidang, terutama dalam hal politik, pendidikan, dan budaya. Hal ini tidak hanya mengingatkan pada hubungan historis yang telah terjalin kuat sejak era Presiden Soekarno, ayahanda Megawati, tetapi juga mendorong terbentuknya kemitraan yang menguntungkan antara kedua negara.

Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri, Ahmad Basarah, menyampaikan bahwa kunjungan Megawati ke Rusia dan Uzbekistan menunjukkan kedekatan yang terjalin antara Megawati dengan tokoh-tokoh pemerintahan di kedua negara tersebut. Selain itu, kunjungan ini juga sekaligus melanjutkan tradisi hubungan historis yang telah terjalin erat sejak era Presiden Soekarno, yang dianggap sebagai penemu ulang dan penggagas pemugaran makam Imam Al-Bukhari di Samarkand. 

Di St. Petersburg, Mega, begitu ia akrab dipanggil, dijadwalkan akan melakukan sejumlah agenda, termasuk pertemuan dengan Gubernur St. Petersburg. Ia juga akan memberikan kuliah umum di kampus bersejarah Universitas St. Petersburg, sekaligus menghadiri pertemuan forum rektor yang bergengsi. Langkah ini menegaskan peran Megawati dalam dunia pendidikan dan eratnya hubungan persahabatan antara Indonesia dan Rusia, yang juga tergambar dari anugerah Bintang Persahabatan yang pernah diterimanya dari Presiden Rusia, Vladimir Putin.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?