Tampang

Mengenal Sosok Anies Baswedan

10 Jun 2024 17:40 wib. 459
0 0
Anies Baswedan

Anies Baswedan adalah seorang tokoh yang memiliki peran yang cukup signifikan dalam dunia politik Indonesia. Dia lahir pada 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat. Anies Baswedan dikenal sebagai seorang intelektual yang memiliki visi dan misi yang kuat dalam membangun Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan. Beliau merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan hubungan internasional dan kemudian melanjutkan pendidikannya di University of Maryland, Amerika Serikat untuk meraih gelar master dan doktor dalam bidang politik pendidikan.

Anies Baswedan memulai kariernya sebagai seorang akademisi di Universitas Paramadina, Jakarta. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat, Anies Baswedan memiliki pemahaman yang mendalam akan pentingnya pendidikan dan peranannya dalam membentuk masa depan bangsa. Hal ini kemudian mengantarkannya dalam menduduki posisi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada kabinet Kerja Jokowi - Jusuf Kalla pada tahun 2014.

Sebagai seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan melakukan berbagai inovasi dan reformasi di bidang pendidikan. Salah satu inisiatifnya yang cukup kontroversial namun menuai banyak dukungan adalah program Kartu Indonesia Pintar, yang bertujuan untuk membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak. Selain itu, Anies Baswedan juga giat mengkampanyekan gerakan literasi di kalangan masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Setelah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan kemudian terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Anies berhasil memenangkan pertarungan politik tersebut dan menjadi Gubernur DKI Jakarta yang ke-17. Sebagai Gubernur, Anies Baswedan terus mengusung program-program untuk kemajuan Jakarta, terutama dalam hal transportasi, lingkungan, kesehatan, dan perekonomian.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%