Tampang

Tips Memilih Cincin Berlian untuk Pertunangan dan Pernikahan

16 Mar 2023 16:24 wib. 401
0 0
Tips Memilih Cincin Berlian untuk Pertunangan dan Pernikahan

Cincin nikah dan pertunangan adalah elemen penting dalam sebuah momen sakral. Cincin berlian menjadi perhiasan favorit untuk menjadikan momen sakral seperti pernikahan dan pertunangan menjadi lebih berkesan. Namun sebagian pria mungkin masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara memilih cincin berlian yang sempurna untuk belahan jiwa. Sedikit berbeda dengan emas, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika membelinya.

Berikut ini ada beberapa tips membeli cincin berlian untuk pernikahan dan pertunangan yang harus dipahami pria yaitu :

  • Kenali Karakteristik 4C

Tips pertama untuk membeli cincin berlian adalah mengetahui 4C (color, cut, clarity, dan carat weight). 4C adalah standar yang dibuat oleh GIA untuk menentukan kualitas sebuah berlian. Color merupakan tingkatan warna berlian normal dalam skala D-Z dari putih hingga kuning terang. Di luar warna normal, berlian berwarna coklat, merah muda, oranye, biru, atau hijau disebut fancy color. Semakin bening sebuah berlian, semakin tinggi nilainya.

Cut adalah kesempurnaan potongan berlian yang menentukan pantulan sinar dengan skala fair, good, very good, ideal, dan signature ideal. Berlian dengan proporsi potongan maksimal akan memancarkan kilau cemerlang, sedangkan berlian yang dipotong terlalu pendek dan dalam akan kehilangan cahaya pantul.

Clarity ialah standar berlian yang diukur berdasarkan jumlah mineral pencemar, lokasi pencemar, ukuran pencemar, warna pencemar, dan jenis mineral pencemar. GIA memberikan sertifikat untuk kejernihan berlian ini mulai dari flawless, internal flawless, VVS1, VVS2, VS1, dan VS2. Carat merupakan tingkat kemurnian berlian yang menentukan berat, bukan volume. Satu karat setara 0,2 gram. Berlian dengan ukuran kecil bisa saja bernilai lebih tinggi daripada berlian besar karena karatnya.
 

  • Pahami Bentuk, Gaya, dan Kualitas Potongan Berlian

Sebelum membeli cincin pernikahan atau pertunangan, seorang pria juga perlu memahami macam-macam bentuk, gaya, dan kualitas potongan berlian. Sejauh ini, bentuk berlian yang paling populer adalah bulat, namun ada juga beberapa bentuk yang dikenal mewah, seperti marquise, pir, oval, persegi, persegi panjang, dan hati.

Sedangkan gaya pemotongan mengacu pada bagaimana faset disusun. Misalnya, susunan faset paling umum untuk cincin berlian bulat adalah 57-58 faset. Sedangkan gaya potongan lain, termasuk potongan zamrud yang merupakan bentuk persegi dan persegi panjang dikategorikan oleh 4 sisi yang lebih panjang di sepanjang sisi (potongan bertingkat) dan sudut miring. Sementara kualitas potongan akan menentukan seberapa baik berlian mampu memantulkan cahaya.

  • Pilih Pengaturan Cincin Berlian

Dalam sebuah cincin berlian untuk nikah atau tunangan, berlian akan dipegang pada sebuah pengaturan. Pengaturannya memiliki 2 tugas, yakni untuk menonjolkan keindahan dan melindungi dari kerusakan. Ada tiga jenis pengaturan umum latar cincin berlian, yaitu prong, bezel, dan halo.

Dalam pengaturan prong, berlian ditahan dengan 4-6 cabang penyangga. Saat garpu digunakan untuk mengamankan satu baru, cincin ini sering disebut solitaire. Sedangkan bezel adalah pengaturan cincin menggunakan strip logam tipis didorong atau dipalu di sekitar permata untuk menahannya di tempat. Kemudian halo yang merupakan pengaturan berlian kecil mengelilingi berlian di tengah. Lingkaran cahaya bisa menambah kilauan lebih pada cincin tunangan dan membuat berlian di tengah terlihat lebih besar.

  • Lihat dalam Kondisi Pencahayaan Berbeda
<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?