Tampang

Ayah-Bunda, Waspada! Ini 4 Kata yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengasuh Anak Bungsu

5 Okt 2024 21:40 wib. 30
0 0
Ayah-Bunda, Waspada! Ini 4 Kata yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengasuh Anak Bungsu
Sumber foto: iStock

Mengasuh anak tidak hanya berkaitan dengan memenuhi kebutuhan fisiknya, tetapi juga harus memperhatikan kesehatan mental mereka. Para orang tua perlu memilih kata-kata atau kalimat yang diucapkan kepada anak dengan hati-hati, karena dapat memengaruhi cara si kecil memandang diri sendiri dan lingkungan sekitarnya, yang pada akhirnya akan memengaruhi kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan hidup.

Kesehatan mental anak sangat berperan penting dalam membentuk pandangan mereka terhadap diri sendiri serta lingkungan sekitar. Anak yang memiliki kesehatan mental yang baik akan merasa cinta dan aman, dan mereka akan memiliki pandangan positif terhadap diri mereka sendiri.

Untuk menjaga kesehatan mental anak, terutama si bungsu, terdapat beberapa kata yang sebaiknya dihindari oleh orang tua. Hindari kata-kata ini demi mencegah dampak negatif jangka panjang pada kesehatan mental anak.

1. Anak Bayi/Baby

Menggunakan kata ini bisa melekatkan status sebagai anak bungsu dalam keluarga. Psikolog klinis Mary Ann Little, PhD, menunjukkan bahwa kata ini bisa membuat anak bungsu merasa tidak punya tanggung jawab dan ekspektasi yang sama dengan kakak-kakaknya. Konsep diri anak sangat dipengaruhi oleh pandangan orang tua terhadap mereka.

2. Sudahlah

Ketika anak bungsu menolak melakukan tugas, orang tua seringkali mengambil alih pekerjaan tersebut. Hal ini membuat anak belajar bahwa orang tua tidak memiliki harapan besar terhadap mereka. Anak perlu merasakan frustrasi untuk belajar menghadapi tantangan hidup dan membangun toleransi terhadap situasi yang sulit.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.