Tampang

Rinoskopi: Penjelasan dan Pengertian

24 Jun 2024 18:54 wib. 303
0 0
Pengertian Rinoskopi
Sumber foto: Google

Rinoskopi adalah suatu prosedur medis yang dilakukan untuk memeriksa saluran hidung dan sinus. Prosedur ini dilakukan menggunakan alat yang disebut rinoskop. Rinoskopi sering digunakan oleh dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk mendiagnosis berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan hidung dan sinus.

Penjelasan tentang Rinoskopi

Rinoskopi dilakukan dengan cara memasukkan rinoskop ke dalam lubang hidung untuk melihat kondisi saluran hidung dan sinus secara langsung. Alat ini dilengkapi dengan sumber cahaya dan lensa yang memungkinkan dokter untuk melihat dengan jelas struktur di dalam hidung dan sinus. Selama prosedur rinoskopi, dokter dapat mengevaluasi adanya peradangan, pembengkakan, polip hidung, atau infeksi pada saluran hidung dan sinus.

Prosedur rinoskopi dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu rinoskopi anterior dan rinoskopi posterior. Rinoskopi anterior dilakukan dengan memasukkan rinoskop ke dalam lubang hidung bagian depan, sedangkan rinoskopi posterior dilakukan dengan memasukkan rinoskop ke dalam lubang hidung bagian belakang, kemudian menelusuri saluran hidung menuju sinus.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.