Tampang

Iran Resmi Umumkan Presiden Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Heli

21 Mei 2024 20:05 wib. 559
0 0
Iran Resmi Umumkan Presiden Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Heli
Sumber foto: google

Pemerintah Iran telah secara resmi mengumumkan kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran, pada Minggu (19/5). Laporan dari stasiun televisi pemerintah Iran dan beberapa kantor berita semi-pemerintah seperti Tasnim News Agency dan Mehr News Agency menyebutkan bahwa Presiden Raisi bersama delapan orang lainnya yang ada di helikopter Belle 212 buatan Amerika Serikat tersebut tidak selamat.

Penyampaian konfirmasi dari pejabat Iran terkait kematian Raisi juga diterima oleh Reuters. Seorang pejabat senior Iran yang enggan disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut menyatakan, "Presiden Raisi, menteri luar negeri, dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu."

Kabar duka dan belasungkawa juga disampaikan oleh mantan Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif. Zarif menyatakan belasungkawa atas "kemartiran" penggantinya, Hossein Amirabdollahian, bersama dengan Presiden Raisi. Ia menggambarkan Amirabdollahian sebagai "saudaraku tersayang". Dalam pesan yang diunggah di Instagram, Zarif menulis bahwa berita kecelakaan itu "menyakitkan", sambil mendoakan keridhaan Tuhan bagi para martir, kedamaian dan kesabaran bagi para penyintas, serta solidaritas dan kemajuan bagi rakyat Iran.

Setelah lebih dari 13 jam pencarian, tim SAR yang dipimpin Palang Merah Iran berhasil menemukan lokasi jatuhnya helikopter Raisi di perbukitan dekat Kota Varzaghan, Provinsi Azerbaijan Timur. Saat tim mencapai lokasi, kondisi helikopter sudah hancur terbakar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%