Tampang

Wajib Diketahui, Begini Cara Engine Brake Mobil Transmisi Matik di Turunan

1 Jun 2024 14:05 wib. 120
0 0
memindahkan tuas transmisi

Mobil transmisi otomatis bisa melakukan engine brake dengan efektif, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses ini tidak merusak transmisi dan mengakibatkan overheat pada oli matik. Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, memberikan instruksi yang perlu diketahui saat melakukan engine brake pada mobil transmisi matik.

Menurut Hermas, untuk melakukan engine brake pada mobil transmisi matik, pemilik mobil bisa menggunakan low gear seperti tuas overdrive D3, D2, D1, atau L. Namun, penggunaan teknik ini harus dilakukan secara bertahap. Saat ingin melakukan engine brake, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menurunkan tuas transmisi secara bertahap, misalnya dari posisi D ke D3, kemudian diiringi dengan penggunaan pedal rem. Setelah putaran mesin menurun, barulah tuas transmisi bisa dipindahkan ke AC posisi D2, atau bahkan D1 jika kondisinya memang memerlukan.

Namun, Hermas menekankan bahwa walaupun beban kerja rem menjadi lebih ringan dengan bantuan engine brake, pengemudi tetap harus mengoperasikan rem mobil secara normal. Mengandalkan engine brake sepenuhnya tanpa menggunakan rem dapat menyebabkan overheat pada girboks transmisi. Ini disebabkan oleh pressure dari oli transmisi yang menahan perpindahan gigi di rasio gigi rendah, ditambah lagi dengan beban laju mobil yang berpotensi meningkatkan suhu panas pada oli transmisi.

Selain itu, pengemudi juga perlu menghindari memindahkan tuas transmisi secara langsung dari posisi D ke D2, bahkan D1 atau L ketika mobil sedang dalam kecepatan tinggi atau putaran mesin tinggi. Menurut Hermas, hal ini dapat menyebabkan terjadinya gesekan berlebih pada putaran girboks dan clutch, yang tentunya dapat merusak komponen transmisi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

SUKSES DI USIA MUDA
0 Suka, 0 Komentar, 19 Mar 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%