Tampang

Setiap Berapa Lama Harus Melakukan Penggantian Air Radiator pada Mobil? Simak Penjelasan Ahlinya di Bengkel

17 Mei 2024 05:32 wib. 102
0 0
Setiap Berapa Lama Harus Melakukan Penggantian Air Radiator pada Mobil? Simak Penjelasan Ahlinya di Bengkel

Air radiator memiliki peranan penting dalam menjaga suhu mesin agar tetap stabil saat bersirkulasi, sehingga kinerja mesin tetap optimal. Sebagai salah satu fluida penting pada mesin mobil, air radiator memerlukan penggantian secara berkala sesuai dengan standar yang disarankan oleh ahli. Tetapi, seberapa sering sebenarnya kita perlu melakukan penggantian air radiator pada mobil? Berikut jawaban yang diberikan oleh para ahli dari bengkel.

Menurut Roni Agung, Service Manager dari bengkel resmi Astra Peugeot Cilandak, Jakarta Selatan, disarankan untuk melakukan penggantian air radiator setiap 100.000 km atau 5 tahun. Hal ini sejalan dengan standar servis yang diberlakukan pada mobil-mobil modern. Meskipun demikian, interval penggantian air radiator bisa saja berubah tergantung pada situasi dan kondisi pemakaian mobil.

Roni menjelaskan bahwa dalam kondisi tertentu, terutama jika mobil sering digunakan atau mengalami beban kerja yang berat, penggantian air radiator mungkin perlu dilakukan lebih cepat. Oleh karena itu, setiap kali mobil menjalani servis berkala, pengecekan air radiator akan dilakukan, dan bila diperlukan, maka air radiator akan segera diganti sesuai kebutuhan.

Menurut Roni, jika air radiator tidak diganti secara rutin, maka fungsi pendinginan mesin dapat terganggu dan tidak dapat menjaga suhu mesin secara maksimal. Air radiator yang sudah terlalu lama tidak diganti juga dapat menimbulkan sejumlah masalah, di antaranya adalah timbulnya endapan yang dapat menyebabkan penyumbatan dalam sistem pendinginan mesin.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anies Baswedan
0 Suka, 0 Komentar, 10 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%